Model Pembelajaran Berbasis Proyek

Authors

  • Fonny Irawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Della Natasyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Indri NurLaili Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Intan Sugiarto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

pjbl, masalah, tujuan model pjbl

Abstract

Proyek adalah rencana pekerjaan dengan sasaran khusus dan dengan saat penyelesaian yang tegas”. pembelajaran berbasis proyek adalah strategi pembelajaran yang memperdayakan siswa untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman baru berdasarkan pengalamanya melalui berbagai prestasi. Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning Model) merupakan pembelajaran yang berpusat pada proses, relative berjangka waktu, berfokus pada masalah, unit pembelajaran bermakna dengan memadukan konsep-konsep dari sejumlah komponen baik itu pengetahuan, disiplin ilmu atau lapangan. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang akan mengajak siswa untuk membuat suatu proyek yang menghasilkan produk dari pemikiran siswa secara mandiri. pembelajaran menggunakan metode PjBL merupakan teknik yang memberikan inovasi dalam seni pengajaran, dimana peran guru dalam metode ini sebagai fasilitator yang memberikan fasilitas terhadap siswa ketika mengajukan pertanyaan mengenai teori serta memberikan motivasi terhadap siswa supaya aktif dalam pengajaran.Model pengajaran project based learning seringkali disebut dengan metode pengajaran yang menggunakan persoalan masalah dalam sistemnya dengan tujuan mempermudah siswa dalam proses pemahaman serta penyerapan teori yang diberikan.langkah-langkah model pembelajaran PjBL: Penentuan proyek, perencanaan langkah-langkah penyelesaian proyek,penyunsun jadwal pelaksanaan proyek,penyelesaian proyek dengan fasilitas dan monitoring guru, penyusunan laporan dan prestasi atau publikasi hasil proyek,evaluasi proyek  dan proyek hasil proyek kelebihan dan kekeluargaan model pembelajaran PJBL:

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriana, J. (2015). PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) Makalah. 4–17.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran

Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan AdministrasiPerkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.

https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Djamarah, & Zain. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil

Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Journal of Education Action Research, 3(3), 285.

https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning

(PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan

Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Kristanti, Y. D., Subiki, S., & Handayani, R. D. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek

(Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma 1). Jurnal

Pembelajaran FIsika, 5(2), 122–128.

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based

Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and

Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model

project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan

kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241.

https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557

Magelo. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir

Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Journal Of Mathematics, 2, 15–21.

Maulana, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Stem Pada

Pembelajaran Fisika Siapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 39–

https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.678

Munandar. (2009). Pengembang Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Mutawally, A. F. (2021). Pengembangan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran

Sejarah. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–6. https://osf.io/xyhve/

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil

Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning

terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.

Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Irawati, F., Natasyah, D., NurLaili, I. ., & Sugiarto, I. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1073–1078. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/660