Model Pembelajaran Berbasis Proyek
Keywords:
pjbl, masalah, tujuan model pjblAbstract
Proyek adalah rencana pekerjaan dengan sasaran khusus dan dengan saat penyelesaian yang tegas”. pembelajaran berbasis proyek adalah strategi pembelajaran yang memperdayakan siswa untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman baru berdasarkan pengalamanya melalui berbagai prestasi. Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning Model) merupakan pembelajaran yang berpusat pada proses, relative berjangka waktu, berfokus pada masalah, unit pembelajaran bermakna dengan memadukan konsep-konsep dari sejumlah komponen baik itu pengetahuan, disiplin ilmu atau lapangan. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang akan mengajak siswa untuk membuat suatu proyek yang menghasilkan produk dari pemikiran siswa secara mandiri. pembelajaran menggunakan metode PjBL merupakan teknik yang memberikan inovasi dalam seni pengajaran, dimana peran guru dalam metode ini sebagai fasilitator yang memberikan fasilitas terhadap siswa ketika mengajukan pertanyaan mengenai teori serta memberikan motivasi terhadap siswa supaya aktif dalam pengajaran.Model pengajaran project based learning seringkali disebut dengan metode pengajaran yang menggunakan persoalan masalah dalam sistemnya dengan tujuan mempermudah siswa dalam proses pemahaman serta penyerapan teori yang diberikan.langkah-langkah model pembelajaran PjBL: Penentuan proyek, perencanaan langkah-langkah penyelesaian proyek,penyunsun jadwal pelaksanaan proyek,penyelesaian proyek dengan fasilitas dan monitoring guru, penyusunan laporan dan prestasi atau publikasi hasil proyek,evaluasi proyek dan proyek hasil proyek kelebihan dan kekeluargaan model pembelajaran PJBL:
Downloads
References
Afriana, J. (2015). PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) Makalah. 4–17.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran
Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan AdministrasiPerkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.
https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Djamarah, & Zain. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil
Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Journal of Education Action Research, 3(3), 285.
https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning
(PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan
Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Kristanti, Y. D., Subiki, S., & Handayani, R. D. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek
(Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma 1). Jurnal
Pembelajaran FIsika, 5(2), 122–128.
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based
Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and
Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661
Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model
project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan
kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241.
https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557
Magelo. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir
Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Journal Of Mathematics, 2, 15–21.
Maulana, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Stem Pada
Pembelajaran Fisika Siapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 39–
https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.678
Munandar. (2009). Pengembang Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Mutawally, A. F. (2021). Pengembangan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran
Sejarah. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–6. https://osf.io/xyhve/
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil
Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning
terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.
Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.