Pola Pengasuhan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Pada Anak Usia Prasekolah

Authors

  • Khaqimatur Rohmah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Uswatun Hasanah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Alfinna Libriyanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ervin Nurul Affrida Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Disiplin, Pola Asuh, Anak Prasekolah

Abstract

Karakter disiplin sebagai bentuk control diri (self-control) terhadap perilaku menurut kesesuaian dengan nilai dan moral di lingkungan masyarakat. Pembentukan karakter disiplin penting dilakukan sejak dini karena berada pada tahap perkembangan yang pesat yaitu golden age periode. Periode tersebut merupakan waktu yang tepat bagi orang tua dalam memberikan stimulus melalui pola pengasuhan yang diberikan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis studi pustaka. Analisis yang digunakan adalah analisis isi yang bersumber berdasarkan dari data primer serta data dari sumber sekunder. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat berbagai jenis pola asuh seperti demokratis, permisif dan otoriter. Temuan dalam penelitian juga menunjukkan adanya pola pengasuhan positif. Pembentukan karakter disiplin pada anak usia prasekolah melalui jenis pola asuh tersebut memberikan dampak yang berbeda-beda karena karakteristik anak yang berbeda pula. Berdasarkan fenomena tersebut perlu adanya penyesuaian pola asuh yang akan diterapkan dengan karakteristik kepribadian anak sehingga dapat secara efektif membentuk karakter disiplin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affrida, EN. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi Vol 1 No.2 https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24

Affrida, EN. (2017). Pola Asuh Anak Usia Prasekolah bagi Ibu dengan Peran Ganda. Jurnal Pedagogi Vol. 3 No. 3a http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3a.1035

Boyatzis, R.E. (1998). Transforming Qualitative Information: Thematic Analysis and Code Development. Sage Publication.

Couzy, M. (2012). Conflicting Roles: Balancing Family and Professional Life-a Chalengge for Working Women. Linnaeus University: Thesis School of Business and Economics.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Depkes RI. (2010). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Depkes RI.

Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Keluarga. (2016). Buku Seri Pendidikan Orang Tua.

Hasanah, Uswatun. (2016). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Elementary Vol. 2 (2).

Moleong, L.J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rimm, Sylvia. (2003). Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Alih bahasa: Lina Jusuf. Jakarta: Gramedia.

Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Vol.1 No.1

Zubaidi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: PT. Kencana.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Rohmah, K., Hasanah, U., Libriyanti, A., & Affrida, E. N. . (2023). Pola Pengasuhan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Pada Anak Usia Prasekolah. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1014–1019. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/652