Penggunaan Media Pembelajaran: Mading Craft of Pancasila dalam Membantu Siswa SD Memahami Penerapan Nilai-nilai Pancasila

Authors

  • Triana Febrianti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Aulia Vil Mukharrom Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nandrea Nurbaireha Yanun Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Pancasila, Mading Craft, Media Pembelajaran

Abstract

Pancasila dianggap sebagai sesuatu yang sakral yang setiap warga nya harus hafal dan mematuhi segala isi dalam Pancasila tersebut. Namun sebagaian besar warga negara Indonesia hanya menganggap Pancasila sebagai dasar Negara atau ideologi tanpa memperdulikan makna yang terkandung dalam kehidupan. Tanpa manusia sadari nilai-nilai makna yang terkandung dalam Pancasila sangat berguna dan bermanfaat. Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran di sekolah dasar merupakan tujuan dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah melalui media pembelajaran berupa Mading Craft of Pancasila. Berdasarkan aspek kevalidan, kemudahan penggunaaan, kemenarikan media, dan efektivitas pembelajaran tatap muka, maka media Mading Craft of Pancasila sangat disarankan untuk digunakan dalam membantu siswa sekolah dasar memahami nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rifai Ahadang, Bonifasius Saneb, Hasdin Hasdin. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN Palabatu 1 Melalui Metode Diskusi.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyanto. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Febrianti, T. ., Mukharrom, A. V. ., & Yanun, N. N. . (2023). Penggunaan Media Pembelajaran: Mading Craft of Pancasila dalam Membantu Siswa SD Memahami Penerapan Nilai-nilai Pancasila. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 997–1001. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/649