Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar Kelas Tinggi
Keywords:
bangun ruang; kelas tinggi; sekolah dasarAbstract
Memahami konsep serta ukuran bangun ruang merupakan salah satu kompetensi dasar pada pelajaran matematika di Sekolah Dasar. Namun, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari materi bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur tentang pembelajaran bangun ruang di sekolah dasar. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan mereview semua artikel terkait satuan kecepatan pembelajaran periode 2019-2023. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 artikel jurnal yang diperoleh dari Google Scholar. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa semua model pembelajaran dapat diterapkan untuk mencapai hasil belajar siswa dengan baik. Dengan mempelajari materi bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar secara lebih optimal.
Downloads
References
Amsari, P., & Ahda, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), 57-65. doi:https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.284
Ineke, W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Dengan Metode Drill Siswa Kelas VI SD Negeri Limbangan 06 Tahun Pelajaran 2019/2020. Insan Cendekia, 2(1), 1-13. doi:https://doi.org/10.54012/jurnalinsancendekia.v2i1.24
Jannah, M., Suryandari, K., Nurjanah, S., Muhtadin, L., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Etnomatematik Dalam Permainan Congklak sebagai Media Pembelajaran Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 3818-3821. doi:https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8669
Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 364-375. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315
Suhaimi, & Nasidawati. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together Dan Course Review Horay Dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C SDN Handil Bakti Kabupate Barito Kuala. LENTERAJurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 74-86.
Utami, F., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar SIswa Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 5(1), 1-13. doi:10.29407/jmen.v5i01.12332
Yolanda, R., Rejeki, S. I., Salsabilah, L. S., & Sukmawarti. (2021). Alternatif Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Online. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 03(01), 73-82. doi:https://doi.org/10.32696/pgsd.v3i1.777
Yurita Okti Suwartini, M. Y. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 MATA PELAJARAN MATEMATIKA JARING-JARING BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL PjBL DI SD NEGERi GRATI 02 KABUPATEN LUMAJANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3258-3267.
Adrian, Q. J., Ambarwari, A., & Lubis, M. (2020). Perancangan Buku Elektronik Pada Pelajaran Matematika Bangun Ruang Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 11(1), 171–176. https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3842
Alyusfitri, R., Ambiyar, A., Aziz, I., & Amdia, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Dengan Pedekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1281–1296. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.371
Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 99. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6940
Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615
Badraeni, N., Pamungkas, R. A., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematik Dalam Mengerjakan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 247–253. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.195
Chuseri, A., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistik Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Bangun Ruang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–31. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.18-31
Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Ditinjau dari Motivasi Belajar. Edupedia, 5(2), 145–154. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia/article/view/555/415
Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613
Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071
Hernaeny, U., Marliani, N., & Marlina, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19,” 1(1), 604–611.
Khasanudin, M., Cholid, N., Indiyarti Putri, L., & Universitas Wahid Hasyim, P. (2020). Creative of Learning Students Elementary Education PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG UNTUK KELAS V SD/MI. Journal of Elementary Education, 03(05), 5.
Marwiyah, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar V-a-K Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 295. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3738
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jpgsd, 8(5), 893–903.
Mutia, W. S., & Mulyawati, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Melalui Animasi Power Point Terhadap Siswa Kelas V Sdn Parung Panjang 06. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 351–360. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1514
Nur Syamsu, F., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450
Safitri, S. R. E., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6 Tahun Ajaran 2019/2020. Kekuatan Hukum Lembaga Jaminan Fidusia Sebagai Hak Kebendaan, 338–344.
Syaifar, M. H., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 519–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1097
Pramestika, L. A. (2020). Research & Learning in Primary Education Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang SD. 2.
Wahyuni, S. F., Pangestika, R. R., & Khaq, M. (2022). Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Muhammadiyah Bayan. Journal on Teacher Education, 3, 160–169.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.