Analisis Metode Pembelajaran Yang Efektif Untuk Menyampaikan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Erlin Ristianti Kusumadewi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ana Nurlaili Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Gianluca Brilliani Alannur Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Juwita Esti Setya wardani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

metode pembelajaran, Efektif, Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar guru dapat memilih metode pembelajaran yang tepat dan bervariasi agar bisa mengembangkan metode yang dipilih supaya dapat mengembangkitkan semangat siswa agar tidak jenuh atau bosan saat menerima pembelajaran di kelas. Dikarenakan siswa memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda, serta daya tangkap yang berbeda yang diterapkan para guru supaya mereka lebih memahami siswa dan lebih menerapkan metode belajar yang berbeda setiap harinya. Karena semakin banyak metode pembelajaran yang dikuasai oleh seorang guru, maka ia akan semakin berhasil meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam belajar. Tidak hanya metode ceramah, metode tanya jawab, metode pemberian tugas , dan metode diskusi. Namun guru harus memiliki ide yang kreatif dalam menciptakan suatu mebelajaran yang menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., Rachmadtullah, R., & Syamsi, A. (2022). The Impact of the Multi-Representational Discourse Learning Model and Student Involvement in Applying Multiculturalism Values. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2).

Al-Aulia, 58-85. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/al-aulia/article/view/ilyasya Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika

Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish. ttps://ejournal.stai- tbh.ac.id/index.php/alaulia/article/view/ilyasya

Ilyas, S. (2018, Vol. 04, No. 01). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al-Aulia, 58-

Kelas Di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur. JMKSP: Jurnal Lefudin, M. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Maesaroh, S. (2013, Vol. 1, No. 1). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 150-168. Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 229-244. https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1471

Nur Rahmat, d. (2017, Vol. 2, No. 2). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas Di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 229-244. Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 150-168.

Prihatini, E. (2017, Vol. 7, No. 2). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif, 171-179.

Prihatini, E. (2017, Vol. 7, No. 2). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif, 171-179.

Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Setiawan, B., & Srinarwati, D. R. (2022). Teacher's Perception of the Integration of Science Technology Society (STS) into Learning at Elementary School. KnE Social Sciences, 202-209.

Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2022). Monograf Pembelajaran Interaktif dengan Metaverse. CV. EUREKA MEDIA AKSARA.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2022). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10, 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2022). Exploring Lecturers' Perspectives on Inclusive Elementary School Mentoring Programs based on University-School Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education and e- Learning Research, 9(4), 233-239.

Rasmitadila, R., Megan Asri, H., & Reza, R. (2022). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Achmad, S., & Muhammad, N. Exploring Lecturers's Perspective on Inclusive Elementary School Mentoring Program Based on University Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 9(4), 233-239.

Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Lala Laila, Z., Euis Mauna, M., & Siti, A. (2022). Adjustment of Inclusive Education Courses with Inclusive Elementary Schools Needs: Part of the University School Collaborative Partnership.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Nurtanto, M., & Jauhari, M. N. (2023). Limited face-to-face learning on students in inclusive classrooms during the Covid-19 pandemic: Perceptions of elementary school teachers in Indonesia. Cogent Education, 10(1), 2213612.

Syaodih, E., & Samsudin, A. (2021). Parent’s perspective on early childhood learning needs during covid-19 using nvivo 12 software: A case study in indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 42(4), 924-931. terhadap-minat-dan-prestasi-belajar-pendidikan-agama

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Kusumadewi, E. R. ., Nurlaili, A. ., Alannur, G. B. ., & Setya wardani, J. E. . (2023). Analisis Metode Pembelajaran Yang Efektif Untuk Menyampaikan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 964–969. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/646