Dinamika Peralihan Pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka Dalam Pendidikan Di Indonesia Dan Implementasinya

Authors

  • Andini Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

Kurikulum, Peralihan, Implementasi

Abstract

Hingga saat ini, Pendidikan di Indonesia masih terus mengalami peralihan kurikulum dalam pembelajaran peserta didik. Hal ini dibuktikan pada peralihan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Peralihan kurikulum ini merupakan upaya pembeharuan dalam pembelajaran yang diharapkan guru dan peserta didik mampu lebih optimal dalam kegiatan belajar mengajar yang mana dapat mengembangkan karakter peserta didik dan penyampaian materi yang merujuk kepada inti materi pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dinamika yang ada dalam peralihan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka serta pengimplemntasian dari kurikulum tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam peneletian ini menggunakan metode studi pustaka yang berisi pengumpulan data dari beberapa sumber seperti buku, jurnal, dan riset-riset yang sudah ada. Sehingga, hasil dari penelitian ini berupa permasalahan atau dinamika peralihan yang terjadi dalam pembelajaran pada kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka dan implementasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adla, SR, & Maulia, ST (2023). Transisi Kurikulum K13 Dengan Kurikulum Mandiri Mengenai Hasil Belajar Siswa. Lencana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1 (2), 262-270.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Fajri, K. N. (2019). Proses pengembangan kurikulum. Islamika, 1(2), 35-48.

Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 37-46.

Manalu, JB, Sitohang, P., & Henrika, NH (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum pembelajaran mandiri. Prosiding Pendidikan Dasar, 1 (1), 80-86.

Pertiwi, AD, Nurfatimah, SA, & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa menuju masa transisi kurikulum mandiri. Jurnal Pendidikan Tambusai , 6 (2), 8839-8848.

Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran oleh Guru SMK di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Journal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Teknologi Pembelajaran , 7 (1), 33-41.

Putri, CA (2023). MODEL PEMBELAJARAN BERPUSAT SISWA MENUJU TRANSISI KURIKULUM MANDIRI. Ibtidaiyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 2 (2), 95-105.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-6.

Sumar, WT (2018). Implementasi Kompetensi Guru Mengelola Kurikulum K13 dalam Pembelajaran Tematik di Sdn Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Pedagogi, 9 (1), 71-87.

Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128-136.

Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16-25.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Andini, A. (2023). Dinamika Peralihan Pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka Dalam Pendidikan Di Indonesia Dan Implementasinya. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 910–915. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/639