Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan kemampuan Critical Thinking Materi IPA Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Della Noor Safaroza Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Oktaviana AzizatulMunafisah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Devy Yaumil Fadhila Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

PjBL, Critical Thinking, IPA

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan harus mampu menghasilkan manusia yang berilmu tinggi, berdaya saing, kreatif dan beretika sehingga kualitas kerja manusia meningkat. Model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) didasarkan pada konsep pembelajaran konstruktif sehingga model ini dapat membantu siswa membangun pengetahuannya melalui pengalamannya sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan proses pembelajaran PjBL (Project Based Learning) yang digunakan dalam proses pembelajaran dan keterampilan berpikir IPA siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif deskriptif. Hasil penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan berpikir kritis siswa adalah bahwa selama proses pembelajaran terlihat bahwa beberapa siswa yang biasanya tertarik pada awalnya mencoba untuk mengikuti sesi dengan memberikan motivasi guru secara gaya. poin dan pujian atas keberanian mereka dalam mengemukakan pendapat sehingga siswa berpartisipasi dan diterima dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., Rachmadtullah, R., & Syamsi, A. (2022). The Impact of the Multi-Representational Discourse Learning Model and Student Involvement in Applying Multiculturalism Values. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2).

Amaliah. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/950

Anisa, S. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV A Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV A SD Negeri Tempurejo 02. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Apriyanto, B., Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Memahami Lingkungan Hidup Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sukodono. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 7. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.5727

Niswara, R., Fita, M., & Untari, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(2), 86

Nurdyansyah, N. (2016). Developing Ict-Based Learning Model To Improve Learning Outcomes Ipa Of Sd Fish Market In Sidoarjo. Jurnal Tekpen, 1(2).

Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Setiawan, B., & Srinarwati, D. R. (2022). Teacher's Perception of the Integration of Science Technology Society (STS) into Learning at Elementary

School. KnE Social Sciences, 202-209.

Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2022). Monograf Pembelajaran Interaktif dengan Metaverse. CV. EUREKA MEDIA AKSARA.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2022). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10, 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2022).

Exploring Lecturers' Perspectives on Inclusive Elementary School Mentoring Programs based on University-School Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 9(4), 233-239.

Rasmitadila, R., Megan Asri, H., & Reza, R. (2022). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Achmad, S., & Muhammad, N. Exploring Lecturers's Perspective on Inclusive Elementary School Mentoring Program Based on University Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 9(4), 233-239.

Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Lala Laila, Z., Euis Mauna, M., & Siti, A. (2022).

Adjustment of Inclusive Education Courses with Inclusive Elementary Schools Needs: Part of the University School Collaborative Partnership.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Nurtanto, M., & Jauhari, M. N. (2023). Limited face-to-face learning on students in inclusive classrooms during the Covid-19 pandemic: Perceptions of elementary school teachers in Indonesia. Cogent Education, 10(1), 2213612.

Richard Paul dan Linda Elder. (2008).The Miniature Guide to Critical ThinkingConcepts and Tools. California: The Foundation for Critical Thinking Press.

Safitri, M., Yennita, & Idrus, I. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Laearning (PBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. Https://Doi.Org/10.24815/Pear.V6i1.10703

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Safaroza, D. N. ., AzizatulMunafisah, O., & Fadhila, D. Y. . (2023). Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan kemampuan Critical Thinking Materi IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 904–909. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/638