Analisis Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar Menuju Society 5.0
Keywords:
Pendidikan Karakter, Peran GuruAbstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Analias peran guru dalam
pendidikan karakter pada pembelajaran PPkn disekolah dasar menuju society 5.0. penelitain
pada artikel ini menggunakan desain literature review, yang berupa pengumpulan data
pengumpulan artikel. Kriteria artikel yang digunakan adalah yang diterbitkan 2017-2023.
Berdasarkan artikel yang dikumpulkan didapatkan hasil bahwa peran guru dalam pendidikan
karakter merupakan solusi yang tepat agar siswa dapat terbentuk karakter yang baik atau positif
dikalangan masyarakat dan masa depan bangsa
Downloads
References
Afifah, R. N., & Khamidi, A. (2022). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di
Sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(01), 132–141.
Alkhasanah, N., Darsinah, & Ernawati. (2023). PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA
SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 355–365.
https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271
artikel 3. (n.d.).
Bambang Purwanto, M., Darussalam, P., & Ilir, T. (2021). PERAN PENDIDIK DALAM MENCIPTAKAN
KELAS YANG BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR. 4(2), 152–166.
Bambang Yuniarto, R. P. Y. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju
Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194.
https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096
Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan
Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113.
https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954
Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran
Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa
Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621
Dewi, P., & Oman, F. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter
Siswa Kelas 5 dan 6 SD Dalam Penggunaan Tiktok. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter,
(2), 45–49.
Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and
Development, 10(2), 315–318.
Fauziah, I. (n.d.). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik.
Febri, A., Stai, H., & Arif Magetan, M. ’. (n.d.). PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI
SEKOLAH DASAR.
Guru, P., Menanamkan Pendidikan, D., Anak, K., & Alqorina, S. (n.d.). Peranan Guru dalam
Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 2021.
Hasna, S., Firdaus, A. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Strategi Guru dalam Menumbuhkan
Jiwa Nasionalisme Peserta Didik melalui Pembelajaran Pkn. EDUKATIF : JURNAL ILMU
PENDIDIKAN, 3(6), 4970–4979. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1570
Hengki Yudha Barnaba, W. S. (2023). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER
PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMAN SARI
II TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal. Umpwr, 4(1), 38–42.
Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154
Anaoma Kecamatan Alasa. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23.
Lubis, T. Y. (n.d.). PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK.
Melalui, K., Persekolahan, P. K., Kemasyarakatan, D., & Al Afif, S. (2018). Prosiding Seminar Nasional
PPKn. In Seminar.
Miftahul Jannah, N. M. (2022). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah
Dasar Setelah Masa Pandemi Covid-19. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 87–97. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.294
Mubin, F. (n.d.). MENCIPTAKAN SEKOLAH YANG BERKARAKTER.
Ni, L., Melan, G., & Wendelinus Dasor, Y. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM
PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR (THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION
IN CIVICS AT ELEMENTARY SCHOOLS). In Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 2).
Pendidikan, M., Persekolahan, K., & Kemasyarakatan, D. (2018). Prosiding Seminar Nasional PPKn. In
Seminar.
PERAN+PENTING+PENDIDIKAN+KARAKTER+BAGI+GENERASI+Z+DIERA+SOCIETY+5.0. (n.d.).
Sapd, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal
Basicedu, 7(5), 993–1001. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730
Sri Wulandari, Dinie Anggraeni Dewi, Y. F. F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam
Mengembangkan Rasa Toleransi di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal
Pendidikan, 6(1), 981–987. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2505
Sumanti, N. (n.d.). Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Pendidikan Sekolah Dasar.
In Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (Vol. 1, Issue 2).
http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau
Thamrin, E. (2017). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa untuk Menghadapi Abad 21.
https://www.researchgate.net/publication/322674646
Wulandari, A. D., Suargana, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Upaya Guru untuk
Mengembangkan Kecerdasan Moral pada Anak Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Pkn. Jurnal
Basicedu, 5(6), 5462–5471. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1638
Zaenuri, & Siti Fatonah. (2022). Analisis Implementasi Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter
Toleransi Pada Mata Pelajaran Pkn Di MI Ma’arif Darussalam Plaosan Yogyakarta. Jurnal Riset
Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 181–190. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.284
Zendrato, T. L. N., & Lase, B. P. (2022). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Siswa
Terhadap Tata Tertib Sekolah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 124–138.
https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.20
Riyadi, S., & Adilah, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Di SMA
Ekasakti Padang Dengan Metode Pembelajaran Demonstration Berbasis Discussion Process.
Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 84–95. https://doi.org/10.56248/educativo.v1 i1.13
Afifah, R. N., & Khamidi, A. (2022). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(01), 132–141.
Bambang Yuniarto, R. P. Y. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era
Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194.
https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096
Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan
Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113.
https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954
Dewi, P., & Oman, F. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa
Kelas 5 dan 6 SD Dalam Penggunaan Tiktok. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 45–49.
Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and
Development, 10(2), 315–318.
Hengki Yudha Barnaba, W. S. (2023). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA
PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMAN SARI II TAHUN
AJARAN 2022/2023. Jurnal. Umpwr, 4(1), 38–42.
Miftahul Jannah, N. M. (2022). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar
Setelah Masa Pandemi Covid-19. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 87–97. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.294
Sapd, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal
Basicedu, 7(5), 993–1001. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730
Sri Wulandari, Dinie Anggraeni Dewi, Y. F. F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam
Mengembangkan Rasa Toleransi di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal
Pendidikan, 6(1), 981–987. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2505
-3143-1-PB. (n.d.).
Afifah, R. N., & Khamidi, A. (2022). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di
Sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(01), 132–141.
Alkhasanah, N., Darsinah, & Ernawati. (2023). PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA
SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 355–365.
https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271
artikel 3. (n.d.).
Bambang Purwanto, M., Darussalam, P., & Ilir, T. (2021). PERAN PENDIDIK DALAM MENCIPTAKAN
KELAS YANG BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR. 4(2), 152–166.
Bambang Yuniarto, R. P. Y. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju
Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194.
https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096
Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan
Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113.
https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954
Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran
Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa
Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621
Dewi, P., & Oman, F. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter
Siswa Kelas 5 dan 6 SD Dalam Penggunaan Tiktok. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter,
(2), 45–49.
Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and
Development, 10(2), 315–318.
Fauziah, I. (n.d.). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik.
Febri, A., Stai, H., & Arif Magetan, M. ’. (n.d.). PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI
SEKOLAH DASAR.
Guru, P., Menanamkan Pendidikan, D., Anak, K., & Alqorina, S. (n.d.). Peranan Guru dalam
Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 2021.
Hasna, S., Firdaus, A. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Strategi Guru dalam Menumbuhkan
Jiwa Nasionalisme Peserta Didik melalui Pembelajaran Pkn. EDUKATIF : JURNAL ILMU
PENDIDIKAN, 3(6), 4970–4979. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1570
Hengki Yudha Barnaba, W. S. (2023). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER
PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMAN SARI
II TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal. Umpwr, 4(1), 38–42.
Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154
Anaoma Kecamatan Alasa. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23.
Lubis, T. Y. (n.d.). PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK.
Melalui, K., Persekolahan, P. K., Kemasyarakatan, D., & Al Afif, S. (2018). Prosiding Seminar Nasional
PPKn. In Seminar.
Miftahul Jannah, N. M. (2022). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah
Dasar Setelah Masa Pandemi Covid-19. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 87–97. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.294
Mubin, F. (n.d.). MENCIPTAKAN SEKOLAH YANG BERKARAKTER.
Ni, L., Melan, G., & Wendelinus Dasor, Y. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM
PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR (THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION
IN CIVICS AT ELEMENTARY SCHOOLS). In Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 2).
Pendidikan, M., Persekolahan, K., & Kemasyarakatan, D. (2018). Prosiding Seminar Nasional PPKn. In
Seminar.
PERAN+PENTING+PENDIDIKAN+KARAKTER+BAGI+GENERASI+Z+DIERA+SOCIETY+5.0. (n.d.)
Sapd, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal
Basicedu, 7(5), 993–1001. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730
Sri Wulandari, Dinie Anggraeni Dewi, Y. F. F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam
Mengembangkan Rasa Toleransi di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal
Pendidikan, 6(1), 981–987. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2505
Sumanti, N. (n.d.). Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Pendidikan Sekolah Dasar.
In Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (Vol. 1, Issue 2).
http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau
Thamrin, E. (2017). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa untuk Menghadapi Abad 21.
https://www.researchgate.net/publication/322674646
Wulandari, A. D., Suargana, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Upaya Guru untuk
Mengembangkan Kecerdasan Moral pada Anak Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Pkn. Jurnal
Basicedu, 5(6), 5462–5471. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1638
Zaenuri, & Siti Fatonah. (2022). Analisis Implementasi Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter
Toleransi Pada Mata Pelajaran Pkn Di MI Ma’arif Darussalam Plaosan Yogyakarta. Jurnal Riset
Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 181–190. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.284
Zendrato, T. L. N., & Lase, B. P. (2022). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Siswa
Terhadap Tata Tertib Sekolah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 124–138.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.