Analisis Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar Menuju Society 5.0

Authors

  • Zurmida Dwi Nazulfah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Elvina Budi Rahayu Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Azizah Alviyanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Pendidikan Karakter, Peran Guru

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Analias peran guru dalam
pendidikan karakter pada pembelajaran PPkn disekolah dasar menuju society 5.0. penelitain
pada artikel ini menggunakan desain literature review, yang berupa pengumpulan data
pengumpulan artikel. Kriteria artikel yang digunakan adalah yang diterbitkan 2017-2023.
Berdasarkan artikel yang dikumpulkan didapatkan hasil bahwa peran guru dalam pendidikan
karakter merupakan solusi yang tepat agar siswa dapat terbentuk karakter yang baik atau positif
dikalangan masyarakat dan masa depan bangsa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, R. N., & Khamidi, A. (2022). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di

Sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(01), 132–141.

Alkhasanah, N., Darsinah, & Ernawati. (2023). PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA

SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 355–365.

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271

artikel 3. (n.d.).

Bambang Purwanto, M., Darussalam, P., & Ilir, T. (2021). PERAN PENDIDIK DALAM MENCIPTAKAN

KELAS YANG BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR. 4(2), 152–166.

Bambang Yuniarto, R. P. Y. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju

Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194.

https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan

Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113.

https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran

Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa

Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621

Dewi, P., & Oman, F. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter

Siswa Kelas 5 dan 6 SD Dalam Penggunaan Tiktok. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter,

(2), 45–49.

Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and

Development, 10(2), 315–318.

Fauziah, I. (n.d.). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik.

Febri, A., Stai, H., & Arif Magetan, M. ’. (n.d.). PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI

SEKOLAH DASAR.

Guru, P., Menanamkan Pendidikan, D., Anak, K., & Alqorina, S. (n.d.). Peranan Guru dalam

Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 2021.

Hasna, S., Firdaus, A. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Strategi Guru dalam Menumbuhkan

Jiwa Nasionalisme Peserta Didik melalui Pembelajaran Pkn. EDUKATIF : JURNAL ILMU

PENDIDIKAN, 3(6), 4970–4979. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1570

Hengki Yudha Barnaba, W. S. (2023). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER

PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMAN SARI

II TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal. Umpwr, 4(1), 38–42.

Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154

Anaoma Kecamatan Alasa. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23.

Lubis, T. Y. (n.d.). PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK.

Melalui, K., Persekolahan, P. K., Kemasyarakatan, D., & Al Afif, S. (2018). Prosiding Seminar Nasional

PPKn. In Seminar.

Miftahul Jannah, N. M. (2022). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah

Dasar Setelah Masa Pandemi Covid-19. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan

Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 87–97. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.294

Mubin, F. (n.d.). MENCIPTAKAN SEKOLAH YANG BERKARAKTER.

Ni, L., Melan, G., & Wendelinus Dasor, Y. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM

PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR (THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION

IN CIVICS AT ELEMENTARY SCHOOLS). In Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 2).

Pendidikan, M., Persekolahan, K., & Kemasyarakatan, D. (2018). Prosiding Seminar Nasional PPKn. In

Seminar.

PERAN+PENTING+PENDIDIKAN+KARAKTER+BAGI+GENERASI+Z+DIERA+SOCIETY+5.0. (n.d.).

Sapd, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal

Basicedu, 7(5), 993–1001. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730

Sri Wulandari, Dinie Anggraeni Dewi, Y. F. F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam

Mengembangkan Rasa Toleransi di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal

Pendidikan, 6(1), 981–987. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2505

Sumanti, N. (n.d.). Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Pendidikan Sekolah Dasar.

In Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (Vol. 1, Issue 2).

http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Thamrin, E. (2017). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa untuk Menghadapi Abad 21.

https://www.researchgate.net/publication/322674646

Wulandari, A. D., Suargana, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Upaya Guru untuk

Mengembangkan Kecerdasan Moral pada Anak Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Pkn. Jurnal

Basicedu, 5(6), 5462–5471. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1638

Zaenuri, & Siti Fatonah. (2022). Analisis Implementasi Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter

Toleransi Pada Mata Pelajaran Pkn Di MI Ma’arif Darussalam Plaosan Yogyakarta. Jurnal Riset

Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 181–190. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.284

Zendrato, T. L. N., & Lase, B. P. (2022). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Siswa

Terhadap Tata Tertib Sekolah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 124–138.

https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.20

Riyadi, S., & Adilah, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Di SMA

Ekasakti Padang Dengan Metode Pembelajaran Demonstration Berbasis Discussion Process.

Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 84–95. https://doi.org/10.56248/educativo.v1 i1.13

Afifah, R. N., & Khamidi, A. (2022). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.

Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(01), 132–141.

Bambang Yuniarto, R. P. Y. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era

Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194.

https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan

Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113.

https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Dewi, P., & Oman, F. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa

Kelas 5 dan 6 SD Dalam Penggunaan Tiktok. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 45–49.

Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and

Development, 10(2), 315–318.

Hengki Yudha Barnaba, W. S. (2023). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA

PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMAN SARI II TAHUN

AJARAN 2022/2023. Jurnal. Umpwr, 4(1), 38–42.

Miftahul Jannah, N. M. (2022). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar

Setelah Masa Pandemi Covid-19. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru

Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 87–97. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.294

Sapd, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal

Basicedu, 7(5), 993–1001. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730

Sri Wulandari, Dinie Anggraeni Dewi, Y. F. F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam

Mengembangkan Rasa Toleransi di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal

Pendidikan, 6(1), 981–987. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2505

-3143-1-PB. (n.d.).

Afifah, R. N., & Khamidi, A. (2022). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di

Sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(01), 132–141.

Alkhasanah, N., Darsinah, & Ernawati. (2023). PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA

SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 355–365.

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271

artikel 3. (n.d.).

Bambang Purwanto, M., Darussalam, P., & Ilir, T. (2021). PERAN PENDIDIK DALAM MENCIPTAKAN

KELAS YANG BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR. 4(2), 152–166.

Bambang Yuniarto, R. P. Y. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju

Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194.

https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan

Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113.

https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran

Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa

Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621

Dewi, P., & Oman, F. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter

Siswa Kelas 5 dan 6 SD Dalam Penggunaan Tiktok. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter,

(2), 45–49.

Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and

Development, 10(2), 315–318.

Fauziah, I. (n.d.). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik.

Febri, A., Stai, H., & Arif Magetan, M. ’. (n.d.). PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI

SEKOLAH DASAR.

Guru, P., Menanamkan Pendidikan, D., Anak, K., & Alqorina, S. (n.d.). Peranan Guru dalam

Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 2021.

Hasna, S., Firdaus, A. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Strategi Guru dalam Menumbuhkan

Jiwa Nasionalisme Peserta Didik melalui Pembelajaran Pkn. EDUKATIF : JURNAL ILMU

PENDIDIKAN, 3(6), 4970–4979. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1570

Hengki Yudha Barnaba, W. S. (2023). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER

PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMAN SARI

II TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal. Umpwr, 4(1), 38–42.

Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154

Anaoma Kecamatan Alasa. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23.

Lubis, T. Y. (n.d.). PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK.

Melalui, K., Persekolahan, P. K., Kemasyarakatan, D., & Al Afif, S. (2018). Prosiding Seminar Nasional

PPKn. In Seminar.

Miftahul Jannah, N. M. (2022). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah

Dasar Setelah Masa Pandemi Covid-19. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan

Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 87–97. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.294

Mubin, F. (n.d.). MENCIPTAKAN SEKOLAH YANG BERKARAKTER.

Ni, L., Melan, G., & Wendelinus Dasor, Y. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM

PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR (THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION

IN CIVICS AT ELEMENTARY SCHOOLS). In Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 2).

Pendidikan, M., Persekolahan, K., & Kemasyarakatan, D. (2018). Prosiding Seminar Nasional PPKn. In

Seminar.

PERAN+PENTING+PENDIDIKAN+KARAKTER+BAGI+GENERASI+Z+DIERA+SOCIETY+5.0. (n.d.)

Sapd, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal

Basicedu, 7(5), 993–1001. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730

Sri Wulandari, Dinie Anggraeni Dewi, Y. F. F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam

Mengembangkan Rasa Toleransi di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal

Pendidikan, 6(1), 981–987. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2505

Sumanti, N. (n.d.). Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Pendidikan Sekolah Dasar.

In Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (Vol. 1, Issue 2).

http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Thamrin, E. (2017). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa untuk Menghadapi Abad 21.

https://www.researchgate.net/publication/322674646

Wulandari, A. D., Suargana, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Upaya Guru untuk

Mengembangkan Kecerdasan Moral pada Anak Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Pkn. Jurnal

Basicedu, 5(6), 5462–5471. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1638

Zaenuri, & Siti Fatonah. (2022). Analisis Implementasi Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter

Toleransi Pada Mata Pelajaran Pkn Di MI Ma’arif Darussalam Plaosan Yogyakarta. Jurnal Riset

Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 181–190. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.284

Zendrato, T. L. N., & Lase, B. P. (2022). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Siswa

Terhadap Tata Tertib Sekolah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 124–138.

https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.20

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Nazulfah, Z. D. ., Rahayu, E. B. ., & Alviyanti, A. (2023). Analisis Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar Menuju Society 5.0. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 837–866. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/633

Most read articles by the same author(s)