Analisis Kesalahan Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Fungsi Kuadrat Menurut Teori Kastolan
Keywords:
analisis kesalahan, fungsi kuadratAbstract
Penelitian siswa kelas X di SMA Negeri 1 Karimun bertujuan melakukan analisis pada kesalahan pengerjaan siswa mengenai soal fungsi kuadrat. Data metode deskriptif kualitatif dan instrumentnya adalah 3 soal uraian mengenai soal fungsi kuadrat. Data dikumpulkan dengan melakukan tes serta wawancara. Dari hasil data yang telah dianalisis, kesimpulannya adalah siswa melakukan kesalahan konsep, kesalahan procedural, dan kesalahan operasi dalam mengerjakan soal fungsi kuadrat, penyebabnya karena rendahnya kemampuan siswa dalam memahami dan menguasai konsep. Guru harus fokus pada materi yang disampaikan dan memotivasi siswa untuk belajar matematika. Guru juga dapat memakai metode belajar yang aktif dan kreatif kepada iswa agar siswa semakin seneng belajar matematika dan mampu menyelesaikan soal yang diberikan.
Downloads
References
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALTERNATIVE SOLUTIONS WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989
Arisma, D. (2020). Analisis Kesalahan Dalam Penjumlahan Menggunakan Garis Bilangan Menurut Teori Kastolan Pada Siswa Kelas III SDN 1 Wagir Kidul Pulung Ponorogo tahun Ajaran 2019/2020 [Diploma, IAIN Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/10259/
Edy Syahputra, S. P. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar (Suka Bumi). Haura Publishing. //library.fkip- umt.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D146%26keywords%3D
Fauzi, I. S., & Prihatnani, E. (2020). Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Kuadrat Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia, 4(1), 82–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.162
lasmi. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) YANG BERORIENTASI TEORI APOS PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DI KELAS X-MIA MAN 2 BANDA ACEH | Lasmi | Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Al Khawarizmi, 1(1). https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/alkhawarizmi/article/view/1730
Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA SMP. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687
Monica, S. (2020). Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan Dan Pemberian Scaffolding Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII [Thesis]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14214
Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). IDENTIFIKASI KESALAHAN MATEMATIKA SISWA SMP BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN. Journal of Honai Math, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.114
Ratnayanti, N., Sumadji, & Suwanti, V. (2021). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Taksonomi SOLO. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i1.3714
Yulanda, R. (2018). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 PARIAMAN. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(4), Article 4. https://doi.org/10.24036/pmat.v7i4.5577
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.