Pengembangan Modul Saku Konseling Rational Emotif Terapi (RET) bagi Calon Konselor dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif

Authors

  • Jahju Hartanti Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sutijono Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Kusbandiami Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul saku konseling Rational Emotif Terapi (RET) pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling calon konselor. Hal ini menjadi salah satu upaya alternatif peningkatan tingkat pemahaman mahasiswa BK terhadap konseling RET. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada kegiatan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji coba awal, revisi hasil uji coba, dan uji lapangan. Hasil yang didapatkan yaitu, sekitar 18% mahasiswa dari satu kelas sudah paham mengenai konseling RET, sedangkan 82% sisanya masih belum memahami konseling RET secara keseluruhan. Hal ini menjadi dasar keuntungan pengembangan dari modul saku konseling RET bagi mahasiswa semester akhir yang diprogramkan dalam pembekalan mahasiswa calon konselor. Hal ini disimpulkan dari hasil analisis need assessment pre-test bahwasanya seluruh mahasiswa atau 100% dalam satu kelas menyatakan membutuhkan pelatihan konseling RET dengan materi yang cukup sederhana dalam penyajian dan penyampaiannya. Maka dari itu, modul ini masih membutuhkan penyempurnaan dengan melakukan hasil revisi akhir untuk diproses administrasi hak cipta modulnya juga.

Kata kunci : Modul Saku, Konseling Rational Emotif Terapi, Konselor, Konsep Diri

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Jahju Hartanti, Sutijono, & Kusbandiami. (2021). Pengembangan Modul Saku Konseling Rational Emotif Terapi (RET) bagi Calon Konselor dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif. SNHRP, 347–356. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/63