Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kecamatan Bukit Kapur
Keywords:
kemampuan pemecahan masalah matematisAbstract
Faktor yang melatarbelakangi dilaksanakan penelitian ini yaitu pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM), akan tetapi dalam prakteknya masih banyak ditemui siswa yang berkemampuan rendah dalam pemecahan masalah matematis. Maksud dari penelitian ini agar mampu memberikan gambaran terhadap pemecahan masalah matematis (KPMM) siswa dengan indikator memahami permasalahan, menyusun rencana pemecahan, melaksanakan rencana, dan melakukan pemeriksaan kembali. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif di mana subjeknya akan menggunakan siswa kelas VIII SMP Kecamatan Bukit Kapur berjumlah 60 orang. Instrumen penelitiannya berupa dua soal tes uraian. Untuk memperoleh informasi mendalam dilakukan wawancara terhadap tiga peserta didik yang kemampuannya heterogen dan dipilih dari seluruh siswa yang mengikuti tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 23,67 persen siswa berkategori tinggi, 52,63 persen siswa berkategori sedang dan 23,7 persen siswa berkategori rendah. Rendahnya pemecahan masalah matematis siswa dipengaruhi oleh faktor kurangnya kemampuan memahami masalahsulit menentukan cara memecahkan masalah, sulit menentukan penggunaan rumus, sulit melakukan penyelesaian tahapan perhitungan, dan tidak pernah melakukan pengecekan kembali pada jawaban yang didapatkan.
Downloads
References
Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Kelas VII pada Materi Himpunan. Jurnal Kepe: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 340. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2561
Dwi Putra, H., Fathia Thahiram, N., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90. http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm
Efrika, Y. G. O. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemecahan Masalah di SD. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian.
Fadilah, N. S., & Hakim, D. L.(2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Fungsi dengan Tahapan Polya. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 7, 64–73.
Fitriani.(2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Tadris Matematika, 01(01), 14–19.
Hendriyana, Heris; Rohaeti, Euis; Utari, S. (2007). Hard and Soft Skill.
Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Perubahan atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, (pp. 1–1822).
Khoerunnisa, G. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV. Sesiomadika: Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 438–446. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3698
LusiNuraeni, Huri Suhendri, & Aulia Masruroh.(2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Kelas Viii Smp. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(3), 159–171. https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.34
Nikat*, R. F., Algiranto, A., Loupatty, M., & Henukh, A. (2022). Pemahaman Konsep Dinamika dan Kinematika Berdasarkan Conceptual Knowledge Melalui Aplikasi Game Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 218–230. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23418
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara (CMN).
Rianti, R.(2018). Profil Kemampuan Pemecahan Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 2, 802–812.
Rohyana, N. N., & Ibrahim. (2021). PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs PADA MATERI LINGKARAN. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 205–217. http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.