Systematic Literature Review: Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi
Keywords:
pendidikan karakter; kelas tinggi; sekolah dasarAbstract
Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter yang meliputi
komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai
tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan,maupun
kebangsaan. Pengembangan karakter bangsa dapat dilakukan melalui perkembangan karakter
individu seseorang. Akan tetapi, karena manusia hidup dalam lingkungan sosial dan budaya
tertentu, maka perkembangan karakter individu seseorang hanya dapat dilakukan dalam
lingkungan sosial dan budaya yang bersangkutan. Metode penelitian yang dipilih dalam
penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data
dilakukan dengan mendokumentasi dan meriview semua artikel terkait dengan pembelajaran
satuan kecepatan dalam kurun waktu 2017-2021. Artikel yang digunakan pada penelitian ini
sebanyak 30 artikel jurnal yang diperoleh dari Google Scholar. Berdasarkan penelitian ini
didapatkan bahwa semua model pembelajaran dapat diterapkan untuk mencapai keberhasilan
penanaman Pendidikan karakter pada siswa dengan baik. Dengan menanamkan Pendidikan
karakter pada siswa sejak dini maka bangsa Indonesia akan berkembang menjadi bangsa
berkarakter baik.
Downloads
References
Amelia, M., & Ramadan, Z. H.(2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU: Volume 5 Nomor 6 , 5548 -5555. Ameliza Madina, A. A. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik
di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5, No 5.
Aryuna Kusuma Tria Dewi, I. N. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR MELALUI BUDAYA SEKOLAH. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4 No 2.
Dole, F. E.(2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3, No 6.
Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini.
Harlina, R. W. (2020). PERAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Bindo Sastra Vol 4, No 1.
Ismail, M. J. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN MENJAGA KEBERSIHAN DI SEKOLAH. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 4 No 1.
Kanji, H. (2019). Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Etika Demokrasi Vol 4 No 2.
Marjohan, & Afniyanti, R. (2018). Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR Vol.3 No. I .
Mitha Amelia, Z. H.(2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. 5548-5555.
Primasari, D. A. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Masa Kini.
Putri, F. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pembelajaran PKn sebagai
Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol 5 No 3.
Sabarisman, N. U. (2015). Fenomena Kenakalan Remaja Dan Kriminalitas The Phenomenon Of Juvenile Delinquency And Criminality.
Siska, Y. (2018). IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4
KOTAKARANG BANDARLAMPUNG. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.
Subiyanti, S., Murtono, & Suad. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 11, No 1.
Vina Kurnia Sari, A. A.(2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Antikorupsi Melalui Ekstrakurikuler dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5 No 4.
Iasha, V., Japar, M., Maksum, A., Siregar, Y. E. Y., Setiawan, B., & Andayani, A. (2022). Increasing students’ culture literacy using virtual reality field trip model: Need analysis. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(9), 3263-3276.
Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2022). Monograf Pembelajaran Interaktif dengan Metaverse. Cv. Eureka Media Aksara.
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Farid, D. A. M., Sugandi, E., & Iasha, V. (2023). Augmented Reality as Learning Media: The Effect on Elementary School Students' Science Processability in Terms of Cognitive Style. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(10), 58-69.
Meter, W., & Setiawan, B. (2023). Professional Educator in the Era of Society 5.0: Primary Education Alumni Competence. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(10), 6-16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.