Analisis Kualitas Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Di SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka
Keywords:
Analisis, Buku teks Bahasa Indonesia, Kurikulum MerdekaAbstract
Banyak peneliti telah mempelajari perubahan dalam buku teks sebagai perubahan kurikulum. Berdasarkan beberapa penelitian terdahulu tersebut, analisis terhadap buku teks bahasa Indonesia kelas XI terbitan Kemendikbud dengan kurikulum merdeka belum pernah dilakukan sebelumnya. sehingga, adapun objek kajian pada penelitian ini adalah menggunakan buku teks Bahasa Indonesia Cerdas Cergas berbahasa dan bersastra terbitan Kemendikbud. Pada kualitas buku teks ini hanya menggunakan tiga aspek, yaitu tingkat kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa. penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis pada buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia, peneliti menemukan (1), bahwa buku teks ini berdasarkan kelayakan isi sesuai dengan CP kurikulum merdeka ditunjukkan dengan kelengkapan materi dalam setiap bab dalam buku ajar. (2) berdasarkan kelayakan bahasa, buku Teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia sudah sesuai. Diukur dari kesesuaian penggunaan bahasa dengan tingkat perkembangan para peserta didik, berdasarkan penggunaan bahasa yang komunikatif dan penggunaan bahasa yang sesuai dengan alur berpikir. (3) Berdasarkan kelayakan penyajian buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia memuat berbagai pembaharuan yang dapat memberikan pemahaman yang baik kepada para peserta didik. Dari sini dapat disimpulkan bahwa buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia saat ini layak digunakan dalam kurikulum Merdeka.
Downloads
References
Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi
Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,
(5), 3829–3840.
Arraman, B. C., & Hazmi, N. (2018). Analisis Buku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013.
KAGANGA: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial-Humaniora, 1(2), 122–140.
https://doi.org/10.31539/kaganga.v1i2.404
Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2021). Analysis of the Utilization of Nature as a Learning Media in
the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal
(BIRCI-Journal), 4(4), 8150–8154
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Helaluddin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar:
Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Hendrawanto, Y. (2017). Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/SMK: Analisis Kebahasaan,
Isi, Penyajian, Kegrafikaan, dan Keterbacaan. Universitas Negeri Semarang.
Ikawati, D., Mustadi, A., & Negeri, U. (2018). Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Ajar
Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter,
(2), 123–139.
Ismawati, E. (2012). Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Ombak.
Lubis, M. (2015). Kesiapan Para Guru Sebagai Pengembang Kurikulum dalam Merespon
Perubahan Kurikulum. The 2nd International Multidisciplinary Conference, 461–467.
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/IMC/article/viewFile/1354/1209
Mahmud, H. (2003). Guru di Tengah Perubahan Kurikulum. al-Khwarizmi, 111–124.
Moleong, L. j. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Selian, S. & Irwansyah, D. (2018). Pengembangan Kurikulum Pencak Silat Berbasis Kerangka
Kualifikasi Nasional Indonesia. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS).
(1): 32-39.
Tomlinson, B. (2011). Material Development in Language Teaching (Second Edi). Cambridge
University Press.
Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda
Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 126–134
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.