Systematic Literature Riview : Pembelajaran IPA Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsi di Sekolah Dasar Kelas Tinggi

Authors

  • Mellia Anggraini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Reza Nadila Antini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rohdearni Maita Purba Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

bagian tubuh tumbuhan, kelas tinggi sekolah dasar

Abstract

Bagian tubuh tumbuhan dan fungsi merupakan salah satu materi IPA yang diajarkan pada siswa
SD di kelas IV. Namun, beberapa hasil studi menunjukkan bahwa siswa masih mengalami
kesulitan dalam mempelajari materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsi. Penelitian ini bertujuan
untuk melakukan kajian literatur terhadap pembelajaran bagian tubuh tumbuhan dan fungsi di
sekolah dasar. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR
(Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan
meriview semua artikel terkait dengan pembelajaran satuan kecepatan dalam kurun waktu
2019-2023. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 artikel jurnal yang diperoleh
dari Google Scholar. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa semua model pembelajaran
dapat diterapkan untuk mencapai hasil belajar siswa dengan baik dan media pembelajaran
yang digunakan adalah media pembelajaran video pembelajaran. Dengan mempelajari
materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsi dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar
peserta didik di sekolah dasar dengan lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akram Mei Hasman, Nadrah, R. T. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Media Interaktif Digital Berbasis Chatbot Pada Siswa Kelas Iv 2 Upt Sd Negeri 8 Binamu Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2.

Alma Dwi Novitasari, A. N. I., & Faizah, A. N. (2023). Peranan Model Two Stay Two Stray Materi Ipa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2.

Anik Dwi Nurmawati, Ana Fitrotun Nisa, Ahniasari Rosianawati, Budi Artopo, Riska Ashar Luthfia Erva, & Nizhomi, B. (2022). Implementasi Ajaran Tamansiswa “Tri Nga” Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Trihayu:

Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 8(2), 1366–1372. Https://Doi.Org/10.30738/Trihayu.V8i2.11832

Handayani, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website (Microsoft Sway) Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Dan Fungsinya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Didaktika : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 131–141. Https://Doi.Org/10.30587/Didaktika.V28i2(1).4362

Muqorobin, M. S., & Kartin, E. (2022). Sentri : Jurnal Riset Ilmiah. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 17–34.

Nafilatul Ain, N. F., Rohmah, M., & Sulthoniyah, L. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Ipa Tentang Tumbuhan Dan Fungsinya. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 7.

Nawangsari, D. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Ecoprint Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Bagian, Bentuk, Dan Fungsi Daun Siswa Kelas 4 Sdn 1 Ngetal. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 09(10), 3529–3541.

Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/44075

Pendidikan, J., Setia, D., Guru, P., Dasar, S., Belajar, M., Belajar, A., & Antara, H. (2022). Bentuk Dan Fungsi Bagian Tubuh Tumbuhan Mengunakan Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 3 Gununggede

Yadi Heryadi , 2 ) Dine Trio Ratnasari , 3 ) Bai Sanjaya , Pendahuluan Metode Penelitian Desain Penelitian Tindakan Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Desain Penelitian Tindakan Kelas . Menurut Kemmis Dan Mc Taggart , Ptk Mencakup Empat

Langkah Yaitu : Perencanaan ( Planning ), Tindakan ( Acting ), Pengamatan ( Observasing ),

Refleksi ( Reflecting ) ( Sukarnyana , Dkk . 2006 : 63 ). 6(1), 8–14.

Putrayasa, I. B., Margunayasa, I. G., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. P. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berorientasi Wana Kerthi Loka Bali Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv. 7(1), 94–106.

Sudiartini, N. N., & Margunayasa, I. G. (2023). Peranan Poster Edukasi Sebagai Media Belajar Interaktif Materi Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Sistematik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Pengutipan: Azizah, N., Putri, D. P., & Setiyani. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Bentuk Dan Fungsi Bagian Tubuh Pada Hewan Dan Tumbuhan. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7 (2), Hlm 99-110. Doi: 10.25134/Pedagogi.V7i2.3564.

Putri, L. G. R. A., Japa, I. G. N., & Riastini, P. N. (2021). Media Pembelajaran Videoscribe-Hots Bermuatan Ipa Pada Topik Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas Iv Sd. Mimbar Ilmu, 26(3), 451-460.

Manuarti, N. K. S. A. (2021). Pengembangan Media Puzzle Materi Struktur Dan Fungsi BagianBagian Tumbuhan Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 129-134.

Nugroho, K. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Scratch Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Ctl Di Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (Jppt), 3(2), 128-137.

Fitri Handayani, N., Ibnu Zaman, W., & Andri Aka, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website (Microsoft Sway) Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Dan Fungsinya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 131-141.

Adnyanawati, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Storybook Materi BagianBagian Tumbuhan Dan Fungsinya Pada Muatan Ipa Kelas Iv Sd Negeri 4 Pemecutan Tahun 2020/2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Heryadi, Y., Ratnasari, D. T., & Sanjaya, B. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Hubungan Antara Bentuk Dan Fungsi Bagian Tubuh Tumbuhan Mengunakan Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 3 Gununggede Kecamatan

Panggarangan. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 6(1), 8-14.

Sinaga, S. B. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ipa Tema 3 Subtema 1 Pokok Bahasan Bagian-Bagian Tumbuhan Beserta Fungsinya Kelas Iv Sd Negeri 040538 Desa Sampun Tahun Pelajaran 2021/2022(Doctoral Dissertation, Universitas Quality Berastagi).

Puspitasari, R., Mujiwati, E. S., & Hunaifi, A. A. (2022). Pengembangan Leaflet Sibatu Materi Fungsi Bagian Tubuh Tumbuhan Dan Hewan Siswa Kelas Iv Sdn Mojoroto 4 Kota Kediri (Doctoral Dissertation, Universitas Nusantara Pgri Kediri)

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Farid, D. A. M., Sugandi, E., & Iasha, V. (2023). Augmented Reality as Learning Media: The Effect on Elementary School Students' Science Processability in Terms of Cognitive Style. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(10), 58-69.

Meter, W., & Setiawan, B. (2023). Professional Educator in the Era of Society 5.0: Primary Education Alumni Competence. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(10), 6-16.

Putri, K. Y. S., Istiyanto, S. B., Prihantoro, E., & Setiawan, B. (2023). The Effect of Health Communication on Reader Attitudes with Digital Media Literacy Antecedents. Studies in Media and Communication, 11(4), 1-9.

Iasha, V., Japar, M., Maksum, A., Siregar, Y. E. Y., Setiawan, B., & Andayani, A. (2022). Increasing students’ culture literacy using virtual reality field trip model: Need analysis. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(9), 3263-3276.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Anggraini, M. ., Antini, R. N. ., & Purba, R. M. . (2023). Systematic Literature Riview : Pembelajaran IPA Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsi di Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 677–685. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/607