Mampu Merancang Dan Mengembangkan Materi Pembelajaran PKn SD Yang Berorientasi Dalam Peningkatan Mutu Kehidupan Berdasarkan Pancasila

Authors

  • Eva Septiana Dewi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nadia Dwi Rahmawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Radinda Githa Pramesti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nadilan Anggio Maulana Firmansyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

merancang dan mengembangkan materi pembelajaran, Pancasila

Abstract

Bahan ajar atau materi ajar merupakan seperangkat materi pembelajaran (teaching materials) yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran (website Dikmenjur Depdiknas). Jenis bahan ajar meliputi petunjuk belajar (petunjuk siswa/pendidik), kompetensi yang akan dicapai, isi materi pembelajaran, informasi pendukung, latihan-latihan, petunjuk kerja (seperti lembar kerja atau LKS), evaluasi, dan respons atau umpan balik hasil evaluasi. Materi pembelajaran sendiri adalah segala sesuatu yang diberikan kepada anak didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.Oleh karena itu perlunya merencanakan cakupan materi pembelajaran.Tujuan pembelajaran tidak akan tercapai sebagaimana mestinya tanpa pembekalan pesera didik dengan materi pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran secara keseluruhan sangat tergantung pada keberhasilan guru dalam merancang materi pembelajaran.Materi Pembelajaran pada hakekatnya merupakan bagian tak terpisahkan dari Silabus, yakni perencanaan,predik dan proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat Kegiataan Pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., Rachmadtullah, R., & Syamsi, A. (2022). The Impact of the Multi-Representational

Discourse Learning Model and Student Involvement in Applying Multiculturalism

Values. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2).

Hernawan, Asep Herry, Permasih, and Laksmi Dewi. 2008. “Panduan Pengembangan Bahan

Ajar.” Depdiknas Jakarta 1–13.

Pahrudin, Agus, Universitas Islam, Negeri Raden, and Intan Lampung. 2018. “Oleh : Dr . Agus

Pahrudin , M . Pd . Dosen Fak . Tarbiyah Dan Keguruan , PPs UIN Raden Intan , Lampung.”

(December). doi: 10.13140/RG.2.2.26641.68968.

Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Setiawan, B., & Srinarwati, D. R. (2022). Teacher's Perception

of the Integration of Science Technology Society (STS) into Learning at Elementary

School. KnE Social Sciences, 202-209.

Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2022). Monograf

Pembelajaran Interaktif dengan Metaverse. CV. EUREKA MEDIA AKSARA.

Ramlan., M. 2006. “Perencanaan Pembelajaran : Silabus & Perencanaan Pelaksanaan

Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan 4:1–20.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2022). Student teachers' perceptions of the

collaborative relationships between universities and inclusive elementary schools in

Indonesia. F1000Research, 10, 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2022).

Exploring Lecturers' Perspectives on Inclusive Elementary School Mentoring Programs

based on University-School Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education

and e-Learning Research, 9(4), 233-239.

Rasmitadila, R., Megan Asri, H., & Reza, R. (2022). Teachers' Perceptions of the Role of

Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in

Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Achmad, S., & Muhammad, N. Exploring Lecturers's

Perspective on Inclusive Elementary School Mentoring Program Based on University

Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 9(4),

-239.

Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Lala Laila, Z., Euis Mauna, M., & Siti, A. (2022).

Adjustment of Inclusive Education Courses with Inclusive Elementary Schools Needs: Part

of the University School Collaborative Partnership.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Nurtanto, M., & Jauhari, M. N. (2023). Limited

face-to-face learning on students in inclusive classrooms during the Covid-19 pandemic:

Perceptions of elementary school teachers in Indonesia. Cogent Education, 10(1), 2213612.

Syaodih, E., & Samsudin, A. (2021). Parent’s perspective on early childhood learning needs

during covid-19 using nvivo 12 software: A case study in indonesia. Kasetsart Journal of

Social Sciences, 42(4), 924-931

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Dewi, E. S. ., Rahmawati, N. D. ., Pramesti, R. G. ., & Firmansyah, N. . A. M. . (2023). Mampu Merancang Dan Mengembangkan Materi Pembelajaran PKn SD Yang Berorientasi Dalam Peningkatan Mutu Kehidupan Berdasarkan Pancasila. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 622–627. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/602