Mampu Merancang Dan Mengembangkan Materi Pembelajaran PKn SD Yang Berorientasi Dalam Peningkatan Mutu Kehidupan Berdasarkan Pancasila
Keywords:
merancang dan mengembangkan materi pembelajaran, PancasilaAbstract
Bahan ajar atau materi ajar merupakan seperangkat materi pembelajaran (teaching materials) yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran (website Dikmenjur Depdiknas). Jenis bahan ajar meliputi petunjuk belajar (petunjuk siswa/pendidik), kompetensi yang akan dicapai, isi materi pembelajaran, informasi pendukung, latihan-latihan, petunjuk kerja (seperti lembar kerja atau LKS), evaluasi, dan respons atau umpan balik hasil evaluasi. Materi pembelajaran sendiri adalah segala sesuatu yang diberikan kepada anak didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.Oleh karena itu perlunya merencanakan cakupan materi pembelajaran.Tujuan pembelajaran tidak akan tercapai sebagaimana mestinya tanpa pembekalan pesera didik dengan materi pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran secara keseluruhan sangat tergantung pada keberhasilan guru dalam merancang materi pembelajaran.Materi Pembelajaran pada hakekatnya merupakan bagian tak terpisahkan dari Silabus, yakni perencanaan,predik dan proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat Kegiataan Pembelajaran.
Downloads
References
Afandi, M., Rachmadtullah, R., & Syamsi, A. (2022). The Impact of the Multi-Representational
Discourse Learning Model and Student Involvement in Applying Multiculturalism
Values. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2).
Hernawan, Asep Herry, Permasih, and Laksmi Dewi. 2008. “Panduan Pengembangan Bahan
Ajar.” Depdiknas Jakarta 1–13.
Pahrudin, Agus, Universitas Islam, Negeri Raden, and Intan Lampung. 2018. “Oleh : Dr . Agus
Pahrudin , M . Pd . Dosen Fak . Tarbiyah Dan Keguruan , PPs UIN Raden Intan , Lampung.”
(December). doi: 10.13140/RG.2.2.26641.68968.
Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Setiawan, B., & Srinarwati, D. R. (2022). Teacher's Perception
of the Integration of Science Technology Society (STS) into Learning at Elementary
School. KnE Social Sciences, 202-209.
Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2022). Monograf
Pembelajaran Interaktif dengan Metaverse. CV. EUREKA MEDIA AKSARA.
Ramlan., M. 2006. “Perencanaan Pembelajaran : Silabus & Perencanaan Pelaksanaan
Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan 4:1–20.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2022). Student teachers' perceptions of the
collaborative relationships between universities and inclusive elementary schools in
Indonesia. F1000Research, 10, 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2022).
Exploring Lecturers' Perspectives on Inclusive Elementary School Mentoring Programs
based on University-School Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education
and e-Learning Research, 9(4), 233-239.
Rasmitadila, R., Megan Asri, H., & Reza, R. (2022). Teachers' Perceptions of the Role of
Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in
Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Achmad, S., & Muhammad, N. Exploring Lecturers's
Perspective on Inclusive Elementary School Mentoring Program Based on University
Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 9(4),
-239.
Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Lala Laila, Z., Euis Mauna, M., & Siti, A. (2022).
Adjustment of Inclusive Education Courses with Inclusive Elementary Schools Needs: Part
of the University School Collaborative Partnership.
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Nurtanto, M., & Jauhari, M. N. (2023). Limited
face-to-face learning on students in inclusive classrooms during the Covid-19 pandemic:
Perceptions of elementary school teachers in Indonesia. Cogent Education, 10(1), 2213612.
Syaodih, E., & Samsudin, A. (2021). Parent’s perspective on early childhood learning needs
during covid-19 using nvivo 12 software: A case study in indonesia. Kasetsart Journal of
Social Sciences, 42(4), 924-931
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.