Kesiapan Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Matematika Mengembangkan Modul Ajar

Authors

  • Lydia Lia Prayitno Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ninik Mutianingsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dea Ayu Lestari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Annisa Dewi Ainur Rosyidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

kurmer, modul ajar, kesiapan

Abstract

Kemampuan mengembangkan modul ajar merupakan modal dasar yang harus dimiliki oleh calon guru. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan PCK calon guru dalam mengembangkan modul ajar. Empat calon guru semester 6 program studi Pendidikan Matematika yang memprogram mata kuliah PLP menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi yaitu melalui modul ajar yang dikembangkan calon guru. Data yang dikumpulkan dianalisis berdasarkan empat komponen dan hasilnya diperoleh calon guru siap mengembangkan modul ajar jika ditinjau dari pemilihan modul pembelajaran, pemunculan profil pelajar pancasila, dan topik materi. Akan tetapi dari topik materi tersebut, mayoritas calon guru belum memaparkan diferensiasi di modul ajar yang dikembangkan. Untuk itu perlu dilakukan workshop bagi para dosen pengajar PLP agar memiliki bekal dalam mengembangkan modul ajar sehingga dapat memberikan pengetahuannya kepada calon guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital

Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan

Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401-412.

Candra, P. N., Soepriyanto, Y., & Praherdhiono, H. (2020). Pedagogical Knowledge (PK) Guru

Dalam Pengembangan dan Implementasi Rencana Pembelajaran. JKTP Jurnal Kajian

Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-177. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index

Chai, C. S., Koh, J. H. L., & Tsai, C.-C. (2010). Facilitating Preservice Teachers’ Development Of

Technological, Pedagogical, And Content Knowledge (TPACK). Journal of Educational

Technology & Society, 13(4), 63–73.

Loughran, J., Berry, A., & Mullhall, P. (2006). Understanding and Developing Science Teachers’

Pedagogical Content Knowledge. Rotterdam, The Netherlands: Sense Publishers.

Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2). 130-

https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework

For Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Rahayu, D. V., Muhtadi, D., & Ridwan, I. M. (2022). Pedagogical Content Knowledge Guru dalam

Pembelajaran Matematika Daring. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 281-

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau

dari Self Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran

Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275-290

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Prayitno, L. L. ., Mutianingsih, N. ., Lestari, D. A. ., & Rosyidah, A. D. A. . (2023). Kesiapan Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Matematika Mengembangkan Modul Ajar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 554–560. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/594