Kesiapan Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Matematika Mengembangkan Modul Ajar
Keywords:
kurmer, modul ajar, kesiapanAbstract
Kemampuan mengembangkan modul ajar merupakan modal dasar yang harus dimiliki oleh calon guru. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan PCK calon guru dalam mengembangkan modul ajar. Empat calon guru semester 6 program studi Pendidikan Matematika yang memprogram mata kuliah PLP menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi yaitu melalui modul ajar yang dikembangkan calon guru. Data yang dikumpulkan dianalisis berdasarkan empat komponen dan hasilnya diperoleh calon guru siap mengembangkan modul ajar jika ditinjau dari pemilihan modul pembelajaran, pemunculan profil pelajar pancasila, dan topik materi. Akan tetapi dari topik materi tersebut, mayoritas calon guru belum memaparkan diferensiasi di modul ajar yang dikembangkan. Untuk itu perlu dilakukan workshop bagi para dosen pengajar PLP agar memiliki bekal dalam mengembangkan modul ajar sehingga dapat memberikan pengetahuannya kepada calon guru.
Downloads
References
Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital
Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401-412.
Candra, P. N., Soepriyanto, Y., & Praherdhiono, H. (2020). Pedagogical Knowledge (PK) Guru
Dalam Pengembangan dan Implementasi Rencana Pembelajaran. JKTP Jurnal Kajian
Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-177. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
Chai, C. S., Koh, J. H. L., & Tsai, C.-C. (2010). Facilitating Preservice Teachers’ Development Of
Technological, Pedagogical, And Content Knowledge (TPACK). Journal of Educational
Technology & Society, 13(4), 63–73.
Loughran, J., Berry, A., & Mullhall, P. (2006). Understanding and Developing Science Teachers’
Pedagogical Content Knowledge. Rotterdam, The Netherlands: Sense Publishers.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2). 130-
https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework
For Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.
Rahayu, D. V., Muhtadi, D., & Ridwan, I. M. (2022). Pedagogical Content Knowledge Guru dalam
Pembelajaran Matematika Daring. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 281-
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau
dari Self Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran
Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275-290
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.