Analisis Keterbacaan Teks Cerita Rakyat Pada Buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Untuk Kelas X Di SMA
Keywords:
Keterbacaan, Kurikulum Merdeka, Cerita Rakyat, Buku TeksAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterbacaan isi materi teks cerita rakyat pada buku Bahasa Indonesia kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka terbitan Kemendikbud. Buku teks yang diteliti adalah buku teks bahasa Indonesia dengan judul “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia" untuk SMA/SMK Kelas XI Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini yaitu menunjukkan dan mendeskripsikan tingkat keterbacaan teks cerita rakyat. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka. Analisis data menggunakan tabel analisis berdasarkan tiga aspek yaitu aspek materi, penyajian materi, bahasa dan keterbacaan dengan kriteria yang sudah ditentukan. Berdasarkan wacana dalam Buku Siswa Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka, yaitu Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif; Bab 2 Mengungkapkan Kritik Lewat Senyuman; Bab 3 Menyusuri Nilai Dalam Cerita Lintas Zaman; Bab 4 Belajar Menjadi Negosiator Ulung; Bab 5 Memetik Keteladanan Dari Biografi Pahlawan; Bab 6 Berkarya Dan Berekspresi Melalui Puisi. Hasil Analisis Wacana Teks “Si Miskin” yang memiliki jumlah keseluruhan suku kata adalah 1.914 sedangkan kalimatnya berjumlah 64 pada teks si Miskin
Downloads
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Anggraeni, A. R., Khasanah, N. A., Febias, H. N., Sulistiyono, R., & Martha, N. U. (2022).
KETERBACAAN MATERI CERITA RAKYAT PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X
MENGGUNAKAN GRAFIK FRY. Jurnal Pendidikan, 13(2), 137-149.
Fatin, I. (2017). Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Dengan Formula Fry. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, 21-33.
Fitri, A., Cahyani, I., & Permadi, T. (2022). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA
RAKYAT ROKAN HULU SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP.
In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 294-301).
Ginanjar, A. A. (2020). Analisis tingkat keterbacaan teks dalam buku ajar bahasa
indonesia. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 4(2), 158-
Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar
di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education
Journal), 5(3), 58-69.
Karlina, A., & Harmaen, D. (2022). KETERBACAN BAHAN AJAR SMA/SMK KELAS X PADA BAB VIII
MENDALAMI PUISI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMAHAMAN SISWA. Didaktik: Jurnal
Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1628-1636.
Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika
dan Sains, 14-21.
Mayandri, G. D., Haryadi, H., & Pristiwati, R. EVALUASI KELAYAKAN ISI, MATERI, BAHASA DAN
KETERBACAAN PADA BUKU AJAR BAHASA INDONESIA SMA.
Nurindri, S. D., & Fitriyani, A. H. D. (2023). ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS PELAJARAN
BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA/SMK EDISI KURIKULUM MERDEKA TERBITAN
KEMENDIKBUD (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).
Rabbani, F. D., Effendi, R. M., & Mulyani, A. S. (2019). ANALISIS KESESUAIAN TINGKAT
KETERBACAAN PADA CERITA RAKYAT “ASAL MUASAL SITU SANGHYANG DAN SI
BUNCIREUNG” SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA KELAS X SEMESTER
Metabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.