Analisis Keterbacaan Teks Cerita Rakyat Pada Buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Untuk Kelas X Di SMA

Authors

  • Salwa Azzahra Fitri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Keterbacaan, Kurikulum Merdeka, Cerita Rakyat, Buku Teks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterbacaan isi materi teks cerita rakyat pada buku Bahasa Indonesia kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka terbitan Kemendikbud. Buku teks yang diteliti adalah buku teks bahasa Indonesia dengan judul “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia" untuk SMA/SMK Kelas XI Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini yaitu menunjukkan dan mendeskripsikan tingkat keterbacaan teks cerita rakyat. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka. Analisis data menggunakan tabel analisis berdasarkan tiga aspek yaitu aspek materi, penyajian materi, bahasa dan keterbacaan dengan kriteria yang sudah ditentukan. Berdasarkan wacana dalam Buku Siswa Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka, yaitu Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif; Bab 2 Mengungkapkan Kritik Lewat Senyuman; Bab 3 Menyusuri Nilai Dalam Cerita Lintas Zaman; Bab 4 Belajar Menjadi Negosiator Ulung; Bab 5 Memetik Keteladanan Dari Biografi Pahlawan; Bab 6 Berkarya Dan Berekspresi Melalui Puisi. Hasil Analisis Wacana Teks “Si Miskin” yang memiliki jumlah keseluruhan suku kata adalah 1.914 sedangkan kalimatnya berjumlah 64 pada teks si Miskin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Anggraeni, A. R., Khasanah, N. A., Febias, H. N., Sulistiyono, R., & Martha, N. U. (2022).

KETERBACAAN MATERI CERITA RAKYAT PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X

MENGGUNAKAN GRAFIK FRY. Jurnal Pendidikan, 13(2), 137-149.

Fatin, I. (2017). Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Dengan Formula Fry. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia, 21-33.

Fitri, A., Cahyani, I., & Permadi, T. (2022). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA

RAKYAT ROKAN HULU SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP.

In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 294-301).

Ginanjar, A. A. (2020). Analisis tingkat keterbacaan teks dalam buku ajar bahasa

indonesia. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 4(2), 158-

Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar

di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education

Journal), 5(3), 58-69.

Karlina, A., & Harmaen, D. (2022). KETERBACAN BAHAN AJAR SMA/SMK KELAS X PADA BAB VIII

MENDALAMI PUISI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMAHAMAN SISWA. Didaktik: Jurnal

Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1628-1636.

Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika

dan Sains, 14-21.

Mayandri, G. D., Haryadi, H., & Pristiwati, R. EVALUASI KELAYAKAN ISI, MATERI, BAHASA DAN

KETERBACAAN PADA BUKU AJAR BAHASA INDONESIA SMA.

Nurindri, S. D., & Fitriyani, A. H. D. (2023). ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS PELAJARAN

BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA/SMK EDISI KURIKULUM MERDEKA TERBITAN

KEMENDIKBUD (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).

Rabbani, F. D., Effendi, R. M., & Mulyani, A. S. (2019). ANALISIS KESESUAIAN TINGKAT

KETERBACAAN PADA CERITA RAKYAT “ASAL MUASAL SITU SANGHYANG DAN SI

BUNCIREUNG” SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA KELAS X SEMESTER

Metabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 1(2).

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Fitri, S. A. . (2023). Analisis Keterbacaan Teks Cerita Rakyat Pada Buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Untuk Kelas X Di SMA. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 536–553. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/593