Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Suku Tengger Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar
Keywords:
Eksplorasi, Etnomatematika, Rumah Adat Suku TenggerAbstract
Bentuk dari rumah adat suku Tengger dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika khususnya di sekolah dasar yang berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendokumentasikan hasil eksplorasi etnomatematika konsep geometri sekolah dasar pada bentuk bangunan rumah adat suku Tengger. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan kajian studi literatur dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa unsur-unsur bangunan seperti pintu dan kerangka rumah rumah adat suku Tengger memuat konsep geometri yang dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran matematika dalam materi bangun datar seperti, segitiga sama sisi, persegi, persegi panjang, segitiga siku-siku, dan segi lima cembung
Downloads
References
Achadiyah, L., Prastyo, D., & Rusminati, S. H. (2022). Analisis Kemampuan Matematis Siswa
dalam Pemecahan Masalah Matematika Luas dan Keliling Bangun Datar di Sekolah Dasar.
Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6237–6249.
Azima, N. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing
Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. 5, 7491–7496.
Lau, A., Ohoirat, E., Alfandro, E., & Geong, P. (2019). KAJIAN ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA
PENANGKAPAN IKAN PAUS DAN SISTEM BARTER MASYARAKAT DESA LAMALERA ,
LEMBATA , NUSA TENGGARA TIMUR. November, 1–10.
Mar, A., Mamoh, O., Amsikan, S., Studi, P., Matematika, P., Pendidikan, F. I., Timor, U., Leobele, K.
B., Malaka, K., Village, B., District, B. L., & Regency, M. (2021). EKSPLORASI
ETNOMATEMATIKA PADA RUMAH ADAT MANUNIS KA ’ UMNAIS SUKU UIM BIBUIKA
KECAMATAN BOTIN LEOBELE ,. MathEdu, 4(2), 155–162.
Meriana, T., & Tambunan, W. (2021). Evaluasi Persiapan Sekolah Tatap Muka Di Tkk Kanaan
Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 1–12.
https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3260
Mulyadi, N., & Haura, N. (2019). “Pengertian Pendidikan.” Academia, 1–12.
Padafing, A. (2019). Eksplorasi Etnomatematika dalam Moko dan Kain Tenun Motif Kui pada
Kebudayaan Masyarakat Alor Suku Abui. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika,
(1), 1–8.
Putra, A. P., & Prasetyo, D. (2022). Peran etnomatematika dalam konsep dasar pembelajaran
matematika. Jurnal Intersections, 7(2).
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan
Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.
https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan,
Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Retnodari, W., Elbas, W. F., & Loviana, S. (2020). Scaffolding dalam pembelajaran matematika.
Journal of Mathematics Education, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.93
Rusminati, S. H. (2018). Representasi Pemecahan Masalah Desimal Siswa Sd Ditinjau Dari
Gender. Inventa, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1629
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam
meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika
Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Sazjiyah, S. R. (2020). Dinamika Kehidupan masyarakat suku tengger dibalik kegiatan
pariwisata Bromo. Journal of Tourism and Creativity, 4(2), 105.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.