Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Suku Tengger Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar

Authors

  • Sofin Musthafa Ahmad Shabir Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muhammad Ubaydillah Syach Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Goffar Ar Rozzaq Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Susi Hermin Rusminati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Cholifah Tur Rosidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Eksplorasi, Etnomatematika, Rumah Adat Suku Tengger

Abstract

Bentuk dari rumah adat suku Tengger dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika khususnya di sekolah dasar yang berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendokumentasikan hasil eksplorasi etnomatematika konsep geometri sekolah dasar pada bentuk bangunan rumah adat suku Tengger. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan kajian studi literatur dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa unsur-unsur bangunan seperti pintu dan kerangka rumah rumah adat suku Tengger memuat konsep geometri yang dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran matematika dalam materi bangun datar seperti, segitiga sama sisi, persegi, persegi panjang, segitiga siku-siku, dan segi lima cembung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadiyah, L., Prastyo, D., & Rusminati, S. H. (2022). Analisis Kemampuan Matematis Siswa

dalam Pemecahan Masalah Matematika Luas dan Keliling Bangun Datar di Sekolah Dasar.

Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6237–6249.

Azima, N. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing

Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. 5, 7491–7496.

Lau, A., Ohoirat, E., Alfandro, E., & Geong, P. (2019). KAJIAN ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA

PENANGKAPAN IKAN PAUS DAN SISTEM BARTER MASYARAKAT DESA LAMALERA ,

LEMBATA , NUSA TENGGARA TIMUR. November, 1–10.

Mar, A., Mamoh, O., Amsikan, S., Studi, P., Matematika, P., Pendidikan, F. I., Timor, U., Leobele, K.

B., Malaka, K., Village, B., District, B. L., & Regency, M. (2021). EKSPLORASI

ETNOMATEMATIKA PADA RUMAH ADAT MANUNIS KA ’ UMNAIS SUKU UIM BIBUIKA

KECAMATAN BOTIN LEOBELE ,. MathEdu, 4(2), 155–162.

Meriana, T., & Tambunan, W. (2021). Evaluasi Persiapan Sekolah Tatap Muka Di Tkk Kanaan

Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 1–12.

https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3260

Mulyadi, N., & Haura, N. (2019). “Pengertian Pendidikan.” Academia, 1–12.

Padafing, A. (2019). Eksplorasi Etnomatematika dalam Moko dan Kain Tenun Motif Kui pada

Kebudayaan Masyarakat Alor Suku Abui. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika,

(1), 1–8.

Putra, A. P., & Prasetyo, D. (2022). Peran etnomatematika dalam konsep dasar pembelajaran

matematika. Jurnal Intersections, 7(2).

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan

Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan,

Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Retnodari, W., Elbas, W. F., & Loviana, S. (2020). Scaffolding dalam pembelajaran matematika.

Journal of Mathematics Education, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.93

Rusminati, S. H. (2018). Representasi Pemecahan Masalah Desimal Siswa Sd Ditinjau Dari

Gender. Inventa, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1629

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam

meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika

Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Sazjiyah, S. R. (2020). Dinamika Kehidupan masyarakat suku tengger dibalik kegiatan

pariwisata Bromo. Journal of Tourism and Creativity, 4(2), 105.

https://doi.org/10.19184/jtc.v4i2.14818

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Shabir, S. M. A. ., Syach, M. U. ., Rozzaq, G. A. ., Rusminati, S. H. ., & Rosidah, C. T. . (2023). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Suku Tengger Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 490–497. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/587