PKM Bagi Pengembang Jamu Herbal Berbasis Gulma Di UKM “Mbok Waras“ Menjadi Es Kream Di Desa Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang

Authors

  • Untung Sugiarti Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Widyagama
  • Frida Dwi Anggraeni THP , Fakultas Pertanian, Universitas Widyagama

Abstract

Daun sendokan (Plantago major) sejenis gulma dikenal nama daerah kiurat yang telah di aplikasikan oleh sebagian masyarakat untuk jamu herbal. Dahulu  jamu hanya menjadi ramuan obat, namun sekarang dengan berkembangnya pengetahuan dan budaya maka jamu semakin beraneka bentuk sesuai selera pasar yang menginginkan.  Hal ini menjadi salah satu peluang  usaha/bisnis jenis jamu yang sering ditawarkan untuk para penikmat jamu herbal.

Jamu herbal yang memanfaatkan gulma lokal belum ada yang memanfaatkan tanaman liar yang mempunyai khasiat lebih dari empon-empon oleh karena itu untuk menyikapi kondisi itu perlu dilakukan deseminasi tentang tumbuhan obat yang tumbuh disekitar tempat tinggal yang berupa gulma (tumbuhan pengganggu) yang mempunyai kandungan obat untuk berbagai penyakit. Dengan inovasi yang tadinya cair menjadi ramuan dalam bentuk powder dan siap di seduh dan diminum sehingga dengan demikian dapat meningkatkan daya simpan tanpa pengawet dan harga serta mereka-mereka yang ingin membuka dan mengembangkan usaha mandiri. Oleh karenanya supaya kalangan masyarakat suka akan jamu itu pelu ada pengembangan bentuk menjadi es kream.

Program ini dilaksanakan di Dusun Babaan Desa Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang pada UKM “mbok Waras” merupakan mitra yang sangat potensi untuk mendapatkan pengembangan inovasi tentang diversifikasi jamu herbal menjadi jamu herbal yang lebih inovatif dengan memanfaatkan gulma lokal yang tumbuh liar di lingkungan. Dengan  tahapan  kegiatan:  (1) Penyuluhan  yaitu  memberikan  pemahaman  tentang  teknik  mengembangkan usaha,  mempertahankan  mutu  serta  diversifikasi  produk  jamu herbal  serta  fasilitasi pengurusan  ijin  usaha  rumah  tangga,  dalam  proses  ini  melibatkan  calon  usaha baru  (2)  Program  Pelatihan  dan  praktek  pembuatan  jamu herbal tim  bekerjasama dengan laboratorium teknologi pangan Universitas Widyagama Malang.

Iptek  yang  diberikan  kepada  masyarakat  adalah  (1) pengetahuan  tentang teknik  mengembangkan  usaha  rumah  tangga  menjadi  lebih  meningkat,  (2) pengetahuan tentang mempertahankan mutu dan diversifikasi produk Jamu herbal dan (3) ketrampilan pembuatan jamu  herbal dalam bentuk powder .Luaran  PKM   (1)  Teknologi  Tepat  Guna  (2)  Pelatihan  manajemen keuangan, produksi dan pemasaran untuk meningkatkan kualitas SDM UKM IRT jamu herbal  (3)  Sertifikat  PIRT/Merk  dagang  UKM  IRT  jamu herbal dari  Dinas Kesehatan Kota Malang. (4) Publikasi dalam jurnal nasional.

Kata Kunci: Daun Sendokan (kiurat), Jamu herbal, gulma,empon-empon, es kream.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Untung Sugiarti, & Frida Dwi Anggraeni. (2021). PKM Bagi Pengembang Jamu Herbal Berbasis Gulma Di UKM “Mbok Waras“ Menjadi Es Kream Di Desa Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. SNHRP, 173–178. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/58