Optimalisasi Kualitas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur: Klasterisasi Kabupaten Dan Kota Menggunakan Algoritma K-Means Dengan Metode Elbow Dan Shilluette Score

Authors

  • Maria Hernita Elvine Pramesty Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yohanita Uniyatri Aprilia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rezky Bryan Jonfris Purba Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muhammad Athoillah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

K-Means; Kualitas Pendidikan; Nusa Tenggara Timur; Elbow; Shilluette Score

Abstract

Permasalahan pada dunia pendidikan di Indonesia sudah menjadi isu utama selama bertahuntahun. Di mata dunia, pendidikan Indonesia masih memiliki kualitas yang rendah. Hal ini disebabkan oleh ketidakmerataan akses pendidikan di berbagai daerah, termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk menentukan daerah mana yang membutuhkan perhatian ekstra, diperlukan sebuah studi untuk memetakan kualitas pendidikan berdasarkan indikator-indikator penyusunnya. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan kabupaten dan kota berdasarkan indikator kualitas pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur menggunakan kmeans. K-means adalah jenis analisis pengelompokan yang mengelompokkan data ke dalam beberapa kelompok berdasarkan kemiripan fitur atau karakteristiknya. Berdasarkan temuan studi ini, terdapat dua cluster dengan menggunakan metode elbow dan shilluette dari pengelompokkan 21 kabupaten dan 1 kota di Provinsi NTT berdasarkan indikator kualitas pendidikan, seperti Angka Partisipasi Murni, pendidikan terakhir, Angka Partisipasi Kasar, Angka Partisipasi Sekolah, jumlah sekolah, angka partisipasi sekolah, dan rasio guru dan murid. Cluster 1 beranggotan 6 kabupaten dan kota dan merupakan daerah dengan kualitas pendidikan tinggi. Sedangkan, cluster 2 beranggotan 6 dan merupakan daerah dengan kualitas pendidikan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2022a). Indeks Pembangunan Manusia. In Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2022b). Statistik Pendidikan 2022. In Badan Pusat Statistik (Issue

February).

Bishop, C. . (2006). Pattern Recognition and Machine Learning. In The Ecstatic and the Archaic: An

Analytical Psychological Inquiry. Springer. https://doi.org/10.4324/9780203733332

Cesario, R. M. R., Prasetia, O., & Rezeki, E. S. (2021). Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi

Jambi Berdasarkan Kualitas Pendidikan. Khazanah Intelektual, 5(3), 1269–1281.

Han, J., Kamber, M., & Pei, J. (2011). Data Mining: Concepts and Techniques. In Data Mining:

Concepts and Techniques (3rd ed.). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/C2009-0-61819-5

Jayuning, F., Kusumanigtyas, M., & Basofi, A. (2019). Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Dinas

Pendidikan Provinsi Jawa Timur. 12(2), 1–8.

Johnson, R. A., & Wichern, D. W. (2007). Applied Multivariate Statistical Analysis.: In Pearson

Prentice Hall (sixth). Pearson Prentice Hall.

Kemendikbudristek. (2016). Indikator Pendidikan Indonesia.

Rochman, E. M. S., Miswanto, & Suprajitno, H. (2022). Comparison of Clustering in Tuberculosis

Using Fuzzy C-Means and K-Means Methods. Communications in Mathematical Biology and

Neuroscience, 2022, 1–20. https://doi.org/10.28919/cmbn/7335

World Population Review. (2023). Education Rangky by Country 2023.

https://worldpopulationreview.com/country-rankings/education-rankings-by-country

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Pramesty, M. H. E. ., Aprilia, Y. U. ., Purba, R. B. J. . ., & Athoillah, M. . (2023). Optimalisasi Kualitas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur: Klasterisasi Kabupaten Dan Kota Menggunakan Algoritma K-Means Dengan Metode Elbow Dan Shilluette Score. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 359–368. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/570

Most read articles by the same author(s)