Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Benda-Benda Konkrit Sederhana Untuk Meningkatkan Active Learning Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Andika Adinanda Siswoyo Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura
  • Mujtahidin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Pembelajaran aktif (active learning) dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik, sehingga semua anak didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Pembelajaran active learning ini dapat muncul melalui pelatihan pemanfaatan media konkrit sederhana. Subjek coba pada pelatihan ini adalah guru-guru SDN Karanganyar 1, 2 dan 3 di Kecamatan Kwanyar Bangkalan. Hasil pelatihan mengindikasikan bahwa guru sangat antusias dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis benda konkrit. Kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung cara menerapkan media pembelajaran sederhana dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Indikator keberhasilan dari kegiatan ini dicapai dengan hasil 87% dari mitra mengembangkan media pembelajaran sederhana sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran di sekolah dasar, dan dapat meningkatkan active learning pada siswa sekolah dasar.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Sederhana, Active Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Andika Adinanda Siswoyo, & Mujtahidin. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Benda-Benda Konkrit Sederhana Untuk Meningkatkan Active Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. SNHRP, 20–25. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/57