Studi Literatur: Pentingnya Penerapan Pemahaman Tentang Keberagaman

Authors

  • Vina Ikhtaromah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Amirah Ghaida Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Cantika Oktarini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Anggraeni Afria Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Studi Literatur, Penerapan, Keberagaman

Abstract

Bangsa Indonesia adalah masyarakat beragam budaya dengan sifat kemajemukannya. Keragaman mencakup perbedaan budaya, agama, ras, bahasa, suku, tradisi dan sebagainya. Dalam masyarakat multibudaya yang demikian, sering terjadi ketegangan dan konflik antar kelompok budaya dan berdampak pada keharmonisan hidup. Tujuan penulisan ini adalah membahas keragaman budaya bangsa Indonesia, dan penerapan pemahaman tentang keberagaman dalam mewujudkan kedamaian bangsa Indonesia. Metode yang digunakan adalah studi literatur atau penelitian pustaka. Kesimpulan kajian ini adalah bahwa dalam kehidupan multicultural diperlukan pemahaman dan kesadaran multibudaya yang menghargai perbedaan, kemajemukan dan kemauan berinteraksi dengan siapapun secara adil. Diperlukan sikap toleransi berupa pengakuan atas keberadaan pihak lain, penghormatan atas perbedaan pendapat dan tidak memaksakan kehendak dengan cara kekerasan. Dalam Pendidikan diperlukan peran guru, dan pengurus sekolah lainnya untuk mensosialisasikan, menumbuhkembangkan pemahaman tentang keberagaman kepada peserta didiknya demi meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberagaman dalam konteks Pendidikan serta terwujudnya keharmonisan dan kedamaian bangsa.Hasildari studi ini adalahbeberapa temuan dan perspektif yang diungkapkan dalam studi literatur terkait penerapan pemahaman tentang keberagaman pada pendidikan telah menjadi topik penelitian yang penting dan berkembang pesat seperti: Inklusi dan aksesibilitas, Multikulturalisme dan perspektif global, Kesadaran diri dan penyingkapan bias, Kolaborasi dan pembelajaran antarkelompok, Pelatihan dan pengembangan professional. Temuan-temuan ini landasan bagi pengembangan kebijakan, praktik, dan pendekatan yang lebih inklusif dan beragam dalam pendidikan. Namun, penting untuk mempertimbangkan bahwa setiap konteks pendidikan dapat memiliki tantangan dan kebutuhan yang unik, sehingga pendekatan yang efektif perlu disesuaikan dengan kondisi lokal dan kebutuhan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hafizha, M. (2023). Keberagaman Adalah: Pengertian, Faktor Penyebab, dan Implementasnya.

Diakses 5 July 2023, dari https://www.detik.com/bali/berita/d6558930/keberagaman-adalah-pengertian-faktor-penyebab-dan-implementasinya

Nengah, P., & Jahiban, M. (2018). Publ ikasi artikel ini dibawah lisensi internasional CC BY-SA

Implementasi Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika Dalam Interaksi Sosial Siswa. In Jurnal

Pendidikan Sosial Keberagaman (Vol.5, Issue

.https://juridiksiam.unram.ac.id/index.php/juridiksiam

Platform, W. (2023). MENEBALKAN LITERASI KEBERAGAMAN. Diakses 5 July 2023, dari

https://wakool.id/blog/1442-menebalkan-literasi-keberagaman

Purwati, Y. H., Pagarra, H., Rahim, A., Pancasila, P., Kewarganegaraan, D., & Geneng, S. (n.d).

Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Keberagaman Suku, Budaya, Agama Melalui

Metode Problem Based Learning. In Pinisi Journal PGSD

Trimukti Iswari, H., & Giyartini, R. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

GURU SEKOLAH DASAR Studi Literatur: Peta sebagai Media Pembelajaran Keragaman

Budaya Indonesia. In All Rights reserved (Vol.8, Issue 2).

http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Ikhtaromah, V. ., Ghaida, A. ., Oktarini, C. ., & Afria, A. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Penerapan Pemahaman Tentang Keberagaman. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 235–242. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/542