Mampu Menelaah Kurikulum Tematik Muatan Pelajaran PKn Sekolah Dasar Berdasarkan Azaz Moral Dan Etika
Keywords:
Kurikulum ; Kelas Tinggi ; Kelas Rendah ; Tematik ; PPKnAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di Sekolah Dasar dengan kurikulum
2013 dilakukan secara tematik. Dimana beberapa mata pelajaran digabungkan dalam sebuah
tema. Penelitian ini dibuat untuk menelaah kurikulum tematik muatan pelajaran Pkn SD
berdasarkan azaz moral dan etika yang termuat mengenai kurikulum PPKn pada kelas tinggi dan
kelas rendah, serta terdapat tujuan dan indikator dari pembelajaran PPKn Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan metode literatur. Pembelajaran PPKn di SD kelas rendah yaitu
pembelajaran menggunakan media gambar. Pembelajaran PPKn pada kelas tinggi lebih
mengarah pada diskusi, bercerita, tanya jawab, dan sering menggunakan model pembelajaran
deduktif yakni pendekatan yang menggunakan penalaran dari umum ke khusus.
Downloads
References
Afandi, M., Rachmadtullah, R., & Syamsi, A. (2022). The Impact of the Multi-Representational
Discourse Learning Model and Student Involvement in Applying Multiculturalism Values.
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2).
Dwiyanti, G., & Nahadi. (2011). RPP, Pegembangan Indikator, dan Tujuan Pembelajaran.
Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 1-4.
Purwanti, S. R. dan, & Wahyuningsih, L. (2016). Implementasi Pendidikan Moral Terhadap Mata
Pelajaran. jurnal Didaktika, 10(2), 1-10.
Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Setiawan, B., & Srinarwati, D. R. (2022). Teacher's Perception
of the Integration of Science Technology Society (STS) into Learning at Elementary School.
KnE Social Sciences, 202-209.
Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2022). Monograf
Pembelajaran Interaktif dengan Metaverse. CV. EUREKA MEDIA AKSARA.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2022). Student teachers' perceptions of the
collaborative relationships between universities and inclusive elementary schools in
Indonesia. F1000Research, 10, 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., & Nurtanto, M.(2022). Exploring
Lecturers' Perspectives on Inclusive Elementary School Mentoring Programs based on
University-School Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education and eLearning Research, 9(4), 233-239.
Rasmitadila, R., Megan Asri,H.,&Reza, R.(2022). Teachers' Perceptions ofthe Role of Universities
in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study inIndonesia. Journal
of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Achmad, S., & Muhammad, N. Exploring Lecturers's
Perspective on Inclusive Elementary School Mentoring Program Based on University
Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 9(4),
-239.
Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Lala Laila, Z., Euis Mauna, M., &Siti, A.(2022). Adjustment
of Inclusive Education Courses with Inclusive Elementary Schools Needs: Part of the
University School Collaborative Partnership.
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Nurtanto, M., & Jauhari, M. N. (2023). Limited
face-to-face learning on students in inclusive classrooms during the Covid-19 pandemic:
Perceptions of elementary school teachers in Indonesia. Cogent Education, 10(1), 2213612.
Syam, N. (2011a). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR
MELALUI MODEL PENGAJARAN BERMAIN PERAN. Persepektif Ilmu Pendidikan, 24(XV),
-112. https://doi.org/10.21009/pip.242.1
Syaodih, E., & Samsudin, A. (2021). Parent’s perspective on early childhood learning needs during
covid-19 using nvivo 12 software: A case study in indonesia. Kasetsart Journal of Social
Sciences, 42(4), 924-931
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.