Systematic Literature Review: Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Literasi sains, siswa sekolah dasarAbstract
Literasi sains merupakan pemahaman konsep dan proses sains dimana peserta didik dapat
menerapkannya dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari. Namun, beberapa
hasil pembelajaran menunjukkan bahwa kemampuan literasi peserta didik masih rendah.
Penelitian ini bertujuan melakukan kajian literatur terhadap kemampuan literasi peserta didik di
sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review).
Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel terkait
dengan kemampuan literasi sains siswa dalam kurun waktu 2018-2023. Artikel yang digunakan
pada penelitian ini sebanyak 30 artikel jurnal yang diperoleh dari Google Scholar. Berdasarkan
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran dan media
pembalajaran yang tepat dapat diterapkan meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di
sekolah dasar
Downloads
References
Adiwiguna, P. S., Dantes, N., &Gunamantha, I. M.(2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Stem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd di Gugus I Gusti Ketut Pudja. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103.
Aiman, U., & Amelia Ramadhaniyah Ahmad, R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195
Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196–209. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551978
Andari, K. D. W., Kartini, Agustina, D. A., & Febriani, N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Saintifik terhadap Keterampilan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. BJBE : Borneo Journal Of Biology Education, 2(2), 101–112.
Aprilia, P. W., Suryanti, & Suprapto, N. (2021). Pembelajaran Inkuiri Untuk Melatih Literasi Sains Siswa Pendidikan Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 250–268. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.7256
Baihaqi Rifqi, A. (2021). Pengaruh Implementasi Asesmen Projek Terhadap Karakter dan Literasi Sains Siswa Kelas Iv Sd Gugus 2 Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 96–102. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.412
Cahya, T. R. T. W., Prasasti, P. A. T., & Kusumawati, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3469–3474. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.870
Dewi, K. (2022). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 140–145.
Efendi, N., Nelvianti, & Barkara, R. S. (2021). Studi Literatur Literasi Sains di Sekolah dasar. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 57–64.
Elwijaya, F., Harun, M., & Helsa, Y. (2021). Implementassi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 741–748. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.796
Eviani, UtamI, S., & Sabri, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Kelas V SD. FKIP Untan, 05(1), 1–13.
Fauziah, S. R., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., & Hilma, A. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Berbantuan Media Kit Ipa Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 457–467 https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2283
Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102–115. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hafizah, E., & Nurhaliza, S. (2021). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.9497
Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343
Imawati, Supardi, Z. A. I., & Azizah, U. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Sistem Organ Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8923–8935. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3974
Izzania, R. D. S. M., Winarni, E. W., & Agusdianita,N.(2020). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning pada Materi Siaga Bencana terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 381–390.
Izzania, R. D. S. M., Winarni, E. W., & Koto, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PjBL Terintegrasi STEAM Untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 146–157. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i2.15914
Mahlianurrahman, & Aprilia, R.(2022). Pengembangan Media Video untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (DIKODA), 3(1), 8–17.
Mariana, W., & Rambe, T. R. (2021). Analsis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Di Min 9 Medan. Jurnal Sintaksis, 3(2), 19–26. http://www.jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/199%0Ahttp:/
/www.jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/download/199/203
Nugraha, D. M. D. P. (2022). Hubungan Kemampuan Literasi Sainsdengan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 5(2), 153–158. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary
Nurlindasari, S., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., Jumhadi, J., & Suryaman, D. (2022). Penerapan LKS Berbasis Wayang Sukuraga Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas 3. Jurnal Basicedu, 6(3), 5370–5377. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2908
Pratama, D., Nugraha, W. S., & Mutaqin, E. J. (2023). Pengaruh Media Berbasis Video Animasi terhadap Literasi Sains Siswa Kelas IV dalam Mata Pelajaran IPA. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 03(01), 1–9.
Putra, I. P. S., Suastra, I. W., & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 203–213. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/290/332
Rahayuni, G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tema Indahnya Kebersamaan Untuk Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 131–141. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.268
Rohmah, U. N., Zakaria Ansori, Y., & Nahdi, D. S. (2019). Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 471–478. google schoolar
Safrizal, Yulia, R., Anastasha, D. A., Husnani, & Rahmi, S. (2021). Gambaran Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang (Studi Kasus Siswa di Sekolah Akreditasi A). ElIbtidaiy:Journal of Primary Education, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12362
Siregar, T. R. A., Iskandar, W., & Rokhimawan, M. A. (2020). Literasi sains melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran ipa sd/mi di abad 21. Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 243–257.
Utami, S. H. A., Marwoto, P., & Sumarni, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 380–390. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23802
Winata, A., Cacik, S., & Seftia R. W., I. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V Sdn Sidorejo I Tuban Pada Materi Daur Air. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 58–64. https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.356
Yuliati, Y., & Febriyanto, B. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Multiterasi Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 68–73.
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil PISA dan Faktor Penyebab. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan Ipa, 13(1), 11–19.https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Meter, W., & Setiawan, B. (2023). Professional Educator in the Era of Society 5.0: Primary Education Alumni Competence. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(10), 6-16.
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Farid, D. A. M., Sugandi, E., & Iasha, V. (2023). Augmented Reality as Learning Media: The Effect on Elementary School Students' Science Processability in Terms of Cognitive Style. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(10), 58-69.
Putri, K. Y. S., Istiyanto, S. B., Prihantoro, E., & Setiawan, B. (2023). The Effect of Health Communication on Reader Attitudes with Digital Media Literacy Antecedents. Studies in Media and Communication, 11(4), 1-9.
Iasha, V., Japar, M., Maksum, A., Siregar, Y. E. Y., Setiawan, B., & Andayani, A. (2022). Increasing students’ culture literacy using virtual reality field trip model: Need analysis. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(9), 3263-3276.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.