Systematic Literature Review: Pembelajaran IPA pada Materi Sistem Pencernaan di Sekolah Dasar Kelas Tinggi

Authors

  • Lailattul Febriyanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hanik Rahmawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Sistem pencernaan, kelas tinggi, sekolah dasar

Abstract

Sistem pencernaan merupakan salah satu materi IPA yang diajarkan pada siswa
sekolahdasar di kelas V. Akantetapi beberapa hasil studi menunjukkan bahwa siswa
masih mengalami kesulitan dalam mempelajari materi sistem pencernaan.
Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan meriview semua artikel
terkait dengan pembelajaran satuan kecepatan dalam kurun waktu 2019-2023.
Artikel yang digunakanpada penelitian ini sebanyak 20 artikel jurnal yang diperoleh
dari Google Scholar. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa semua model
pembelajaran dapat diterapkan untuk mencapai hasil belajar siswa dengan baik dan
media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran video
pembelajaran. Dengan mempelajari materi sistem pencernaan dapat meningkatkan
hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar dengan lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Winarwati, S., (2021). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNINGTIPE FLIPPEDUNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA KELAS V SDN KANDANGAN I/121 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2021-2022. PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN JURNAL , 9 (4), hlm.291-29

Pratiwi, TA, Wardana, MYS dan Purnamasari, I., (2023). Model Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantu Media Replika Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ngasem Jepara. Pena Edukasia , 1 (2), hlm.135-144.

Marfuah, M., Hodijah, SRN and Erfan, M., (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI IMPLEMENTASI METODE GAMBAR DAN GAMBAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN KUNCIRAN 2

PINANG KOTA TANGERANG. BIOKEPHY: Jurnal Pendidikan Sains, 2 (2), hlm.38-41.

Febiani, SMU, Hendawati, Y. and Sumiati, T., (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Media Video pada Pembelajaran IPA SD. Dalam Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2, No. 1, hlm. 1632-1639).

Zufahmi, F., (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA TERHADAPKETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN SIKAP SISWA DI SMA NEGERI 1 SAKTI KABUPATEN PIDIE. Jurnal Sains Riset , 8 (1), hlm.44-50.

Ahadin, A. and Fitriani, S., (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SDNegeri Lamsayuen Aceh Besar. Penelitian Pendidikan Dasar , 8 (2).

Sutanti, YA, Suryanti, S. and Supardi, ZAI, (2021). Implementasi model pembelajaran berbasis blended learning untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SD. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan , 4 (3), hlm.594- 606.

Jumiyanti, RH, (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTIVASI AUDIOVISUAL TERHADAP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI

Meter, W., & Setiawan, B. (2023). Professional Educator in the Era of Society 5.0: Primary Education Alumni Competence. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(10), 6-16.

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Farid, D. A. M., Sugandi, E., & Iasha, V. (2023). Augmented Reality as Learning Media: The Effect on Elementary School Students' Science Processability in Terms of Cognitive Style. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(10), 58-69.

Putri, K. Y. S., Istiyanto, S. B., Prihantoro, E., & Setiawan, B. (2023). The Effect of Health Communication on Reader Attitudes with Digital Media Literacy Antecedents. Studies in Media and Communication, 11(4), 1-9.

Iasha, V., Japar, M., Maksum, A., Siregar, Y. E. Y., Setiawan, B., & Andayani, A. (2022). Increasing students’ culture literacy using virtual reality field trip model: Need analysis. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(9), 3263-3276.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Febriyanti, L. ., & Rahmawati, H. (2023). Systematic Literature Review: Pembelajaran IPA pada Materi Sistem Pencernaan di Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 86–97. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/524