Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan M-APOS pada Matakuliah Aljabar Abstrak
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar dan respon mahasiswa dengan implementasi pembelajaran berdasarkan pendekatan M-APOS pada matakuliah aljabar abstrak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah 38 mahasiswa program studi pendidikan matematika semester VI yang sedang mengampu matakuliah aljabar abstrak II. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi ring. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa bahan ajar yang terdiri dari Lembar Kerja Tugas (LKT), Lembar Kerja Diskusi (LKD) dan soal latihan. Selain itu digunakan istrumen soal tes hasil belajar dan angket respon mahasiswa. Teknik pengambilan data penelitian dengan menggunakan teknik tes dan pemberian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa tuntas secara klasikal dengan persentase mencapai 95%. Sedangkan respon mahasiswa positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan M-APOS dan mencapai rata-rata respon positif mahasiswa sebesar 91,5%.
Kata kunci : M-APOS, Hasil Belajar, Respon
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 SNHRP
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.