Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sumur Welut III/440 Surabaya

Authors

  • Maulidya Hunamie Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Indah Rosyida Dewi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Winda Dwi Rofiqoh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Aidatul Fitriyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Media Audio Visual, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap Hasil
Belajr Siswa di SDN Sumur Welut III Surabaya. Dalam proses pembelajaran ada siswa yang masih
mendapatkan nilai rendah.. Diantaranya ditandai dengan ketertarikan dengan pembelajaran
menyimak masih kurang, serta kurangnya penggunaan media yang dapat melatih kegiatan
menyimak. Oleh karena itu, permasalahan diatas dapat diatasi dengan menggunakan media
pembelajaran yang tepat, menarik, dan inovatif. Salah satu media yang dapat digunakan adalah
media Audio Visual. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen bentuk desain Quasi Exsperimental dengan jenis postest-only control design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sumur Welut III Surabaya. Sampel dalam
penelitian ini menggunakan siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B
sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes soal uraian. Teknik analisis
data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, dan uji T. Hasil simpulan dari
penelitian ini yaitu terdapat pengaruh media audio visual terhadap Hasil belajar siswa kelas IV
SDN Sumur Welut III Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan software SPSS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., Rachmadtullah, R., & Syamsi, A. (2022). The Impact of the Multi-Representational

Discourse Learning Model and Student Involvement in Applying Multiculturalism Values.

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2).

Guntur, Tariagan Henry. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa.

Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian E-ISSN: 2776-5105

Guntur, Tarigan Henry. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Setiawan, B., & Srinarwati, D. R. (2022). Teacher's Perception

of the Integration of Science Technology Society (STS)into Learning at Elementary School.

KnE Social Sciences, 202-209.

Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2022). Monograf

Pembelajaran Interaktif dengan Metaverse. CV. EUREKA MEDIA AKSARA.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2022). Student teachers' perceptions of the

collaborative relationships between universities and inclusive elementary schools in

Indonesia. F1000Research, 10, 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2022). Exploring

Lecturers' Perspectives on Inclusive Elementary School Mentoring Programs based on

University-School Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education and eLearning Research, 9(4), 233-239.

Rasmitadila, R., Megan Asri, H., &Reza, R.(2022). Teachers' Perceptions of the Role of Universities

in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia.

Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Achmad, S., & Muhammad, N. Exploring Lecturers's

Perspective on Inclusive Elementary School Mentoring Program Based on University

Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research,

(4), 233-239.

Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Lala Laila, Z., Euis Mauna, M., &Siti, A.(2022). Adjustment

of Inclusive Education Courses with Inclusive Elementary Schools Needs: Part of the

University School Collaborative Partnership.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Nurtanto, M., & Jauhari, M. N. (2023). Limited

face-to-face learning on students in inclusive classrooms during the Covid-19 pandemic:

Perceptions of elementary school teachers in Indonesia. Cogent Education, 10(1),

Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.

Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susilana, Rudi, & Riyana, C. (2017). Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan,

dan Penilaian). Bandung: CV Wacana Prima.

Syaodih, E., & Samsudin, A.(2021). Parent’s perspective on early childhood learning needs during

covid-19 using nvivo 12 software: A case study in indonesia. Kasetsart Journal of Social

Sciences, 42(4), 924-931.

Tarigan, D. (2001). Pendidikan Keterampilan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Hunamie, M. ., Dewi, I. R., Rofiqoh, W. D., & Fitriyah, A. (2023). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sumur Welut III/440 Surabaya. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 31–36. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/517