Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sumur Welut III/440 Surabaya
Keywords:
Media Audio Visual, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap Hasil
Belajr Siswa di SDN Sumur Welut III Surabaya. Dalam proses pembelajaran ada siswa yang masih
mendapatkan nilai rendah.. Diantaranya ditandai dengan ketertarikan dengan pembelajaran
menyimak masih kurang, serta kurangnya penggunaan media yang dapat melatih kegiatan
menyimak. Oleh karena itu, permasalahan diatas dapat diatasi dengan menggunakan media
pembelajaran yang tepat, menarik, dan inovatif. Salah satu media yang dapat digunakan adalah
media Audio Visual. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen bentuk desain Quasi Exsperimental dengan jenis postest-only control design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sumur Welut III Surabaya. Sampel dalam
penelitian ini menggunakan siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B
sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes soal uraian. Teknik analisis
data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, dan uji T. Hasil simpulan dari
penelitian ini yaitu terdapat pengaruh media audio visual terhadap Hasil belajar siswa kelas IV
SDN Sumur Welut III Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan software SPSS
Downloads
References
Afandi, M., Rachmadtullah, R., & Syamsi, A. (2022). The Impact of the Multi-Representational
Discourse Learning Model and Student Involvement in Applying Multiculturalism Values.
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2).
Guntur, Tariagan Henry. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian E-ISSN: 2776-5105
Guntur, Tarigan Henry. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Setiawan, B., & Srinarwati, D. R. (2022). Teacher's Perception
of the Integration of Science Technology Society (STS)into Learning at Elementary School.
KnE Social Sciences, 202-209.
Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2022). Monograf
Pembelajaran Interaktif dengan Metaverse. CV. EUREKA MEDIA AKSARA.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2022). Student teachers' perceptions of the
collaborative relationships between universities and inclusive elementary schools in
Indonesia. F1000Research, 10, 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2022). Exploring
Lecturers' Perspectives on Inclusive Elementary School Mentoring Programs based on
University-School Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education and eLearning Research, 9(4), 233-239.
Rasmitadila, R., Megan Asri, H., &Reza, R.(2022). Teachers' Perceptions of the Role of Universities
in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia.
Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Achmad, S., & Muhammad, N. Exploring Lecturers's
Perspective on Inclusive Elementary School Mentoring Program Based on University
Collaborative Partnerships in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research,
(4), 233-239.
Rasmitadila, R., Megan Asri, H., Reza, R., Lala Laila, Z., Euis Mauna, M., &Siti, A.(2022). Adjustment
of Inclusive Education Courses with Inclusive Elementary Schools Needs: Part of the
University School Collaborative Partnership.
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Nurtanto, M., & Jauhari, M. N. (2023). Limited
face-to-face learning on students in inclusive classrooms during the Covid-19 pandemic:
Perceptions of elementary school teachers in Indonesia. Cogent Education, 10(1),
Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.
Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susilana, Rudi, & Riyana, C. (2017). Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan,
dan Penilaian). Bandung: CV Wacana Prima.
Syaodih, E., & Samsudin, A.(2021). Parent’s perspective on early childhood learning needs during
covid-19 using nvivo 12 software: A case study in indonesia. Kasetsart Journal of Social
Sciences, 42(4), 924-931.
Tarigan, D. (2001). Pendidikan Keterampilan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.