Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Keaktifan Peserta Didik Terhadap Hasil Pewarnaan Rambut Artistik Teknik Frosting
Keywords:
Metode demonstrasi, Keaktifan peserta didik, Teknik frostingAbstract
Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar praktik pewarnaan rambut artistik teknik frosting di peserta didik ekstrakurikuler SMA Persatuan Tulangan Sidoarjo, 2). Mengetahui pengaruh keaktifan peserta didik terhadap hasil belajar praktik pewarnaan rambut artistik teknik frosting, 3). Untuk mengetahui interaksi antara metode demonstrasi dan keaktifan peserta didik terhadap hasil belajar praktik pewarnaan rambut artistik teknik frosting. Metode penelitian menggunkaan kwantitatif dengan teknik pengambilan data eksperimen dan dokumentasi. Populasi siswa didik ekstrakurikuler SMA Persatuan Tulangan Sidoarjo dan sampel 15 peserta didik kelompok eksperimen dan 15 peserta didik kelompok kontrol. Analisis data menggunakan analisa varian 2 faktor. Hasil yang di dapat:1). Ada perbedaan hasil belajar praktik pewarnaan rambut artistik teknik frosting dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode konvensional di peserta didik ekstrakurikuler SMA Persatuan Tulangan Sidoarjo, 2). Ada perbedaan hasil belajar praktik pewarnaan rambut artistik teknik frosting, dengan keaktifan peserta didik ekstrakurikuler SMA Persatuan Tulangan Sidoarjo, 3) Ada interaksi antara metode demonstrasi dan keaktifan peserta didik terhadap hasil belajar praktik pewarnaan rambut artistik teknik frosting ekstrakurikuler SMA Persatuan Tulangan Sidoarjo.
Downloads
References
Adiningtyas, W. P., Tomi, A., & Yudasmara, D. S. (2020). Survei Pembinaan Ekstrakurikuler Bolabasket pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 2(1), 32–38.
Afitayana, R. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan Tahun Pelajaran: 2020/2021. IAIN Ponorogo.
Ashlihah, A., Wulandari, S., & Fadilah, Y. W. (2021). Penggunaan Media ICT (Power Point) dalam Pembelajaran Bahasa Asing untuk Anak-Anak Desa Tinggar. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–6.
CAROLINE, L. A. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. UNIVERSITAS QUALITY.
Darmawan, E. W. (2018). Dampak Video Promosi Wonderful Indonesa A Visual Journey Through Banyuwangi Terhadap Perubahan Persepsi Citra Destinasi Banyuwangi. Universitas Brawijaya.
Dayanti, R. N., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2020). Pengaruh Kualitas Implementasi Metode Pembelajaran Ceramah Berbantuan Powerpoint dan Quizizz terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Psikomotorik Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.
Dimyati, A., & Aminah, A. S. (2017). Pengaruh Fun Outbound Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Penjas Pada Siswa Kelas XI Di SMK Yisca Cilamaya Karawang. Seminar Nasional Riset Inovatif, 5, 153–158.
Gagne, Robert., Briggs, L. J. & Wager, W.W. (1992). Principles of instructional design (4th ed). New York: Harcourt Brace Jovanovich Collage Publishers.
Hanani, N. (2017). Manajemen pengembangan pembelajaran kitab kuning. Realita, 15(2), 1–25.
Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1738–1744.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Kasenda, L. M., & Sentinuwo, S. (2016). Sistem monitoring kognitif, afektif dan psikomotorik siswa berbasis android. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).
Khoiroh, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Gumukmas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97–110.
Kurniawan, N. (2017). Pengaruh standart sarana dan prasarana terhadap efektifitas pembelajaran di TK Al-Firdaus. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 14–26.
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 266398.
Neliwati, N. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori Dan Praktek).
Noviansah, A. (2020). Objek Dalam Assesment Penilaian (Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik). Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(2), 114–127.
Nuraeni, E. (2020). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur). FKIP UNPAS.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210.
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.
Rangkuti, D., & Rangkuti, D. E. S. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Konsep Angka di TK/PAUD. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN, 3(1), 77–85.
Ratnawaty Chotim, E. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Royani, Fahmi., Sawiji, Hery., & Ninghardjati. (2020). Pengaruh Keaktifan dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMKN 1 Banyudono 2019/2020. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. 4(2).
Ruwaida, H. (2019). Proses kognitif dalam taksonomi bloom revisi: analisis kemampuan mencipta (C6) pada pembelajaran fikih di mi miftahul anwar desa banua lawas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51–76.
Sangadah, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII DI MTsN 2 Tulungagung.
Sari, A. R. (2017). Pengaruh Perbandingan Bleaching Dan Cream Devoloper Terhadap Hasil Pewarnaan Artistik Teknik Frosting Pada Rambut Normal Untuk Mencapai Undercoat Warna Level 8 (Yellow). Jurnal Tata Rias, 3(06).
Setiawan, M. A., & Riadin, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(1), 27–31.
Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi dan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 151–158.
Suliyanto, S. E., & MM, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif.
Suratno, S., Fathoni, A., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada PT Pelabuhan Indonesia III Semarang. Journal of Management, 2(2).
SUSILOWATI, S. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN FABEL PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 KUNDURAN, KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. IKIP PGRI BOJONEGORO.
SUTIYAH, S. (2020). PELAKSANAAN GURU FIQIH DALAM PENILAIAN RANAH AFEKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. UIN Raden Intan Lampung.
SYAYUTI, A. (2021). PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-HUSNA MARINDAL TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara.
Yamin (2007). ELEMENTARY. Islamic Teacher Journal. 6(2). pp 260.
ZANNAH, K. M. (2020). ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kepustakaan). FKIP UNPAS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.