Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Media Pembelajaran, Video, Hasil BelajarAbstract
Era digital merupakan masa dimana perkembangan teknologi terjadi di seluruh belahan dunia. Sebagai masyarakat yang hidup di era digital ini, sepatutnya kita mengikuti arus perkembangan teknologi yang saat ini kita rasakan. Memanfaatkan teknologi untuk memecahkan masalah-masalah dalam dunia pendidikan merupakan tindakan yang bijaksana. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan adalah menggunakan media video berbasis teknologi komputer sebagai media pembelajaran didalam kelas. Berdasarkan uraian tersebut, artikel ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Beberapa temuan dari kelebihan video yang diantaranya bersifat menyenangkan bagi siswa, mampu memberikan sajikan informasi yang konkret, dan mampu menghadirkan pengalaman belajar yang tidak mungkin didapatkan siswa di luar lingkungan sekolah, seperti sejarah kemerdekaan misalnya. Ketiga kelebihan tersebut menjadikan video dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalammemahami konsep, meningkatkan motivasi belajar siswa serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, media video juga dinilai efektif digunakan untuk jenjang siswa sekolah dasar karena ketiga kelebihan tersebut dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa sekolah dasar yang berada pada fase operasional konkret.
Downloads
References
Ardianto, Y. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Djkn.Kemenkeu.Go.Id.
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami- Metode-Penelitian- Kualitatif.html
Bastudin. (2020). Hambatan Utama Penggunaan Tik Dalam Pembelajaran Dan Strategi Mengatasinya. Lpmpsumsel.Kemdikbud.Go.Id.
Faizti, N. (2021). Mengenal Macam-Macam Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian. Duniadosen.Com.https://www.duniadosen.com/maca m-macam- analisis-data-kualitatif/
Farma. (2020). Mengenalkan Internet pada Si Kecil? Inilah Dampak Positif dan Negatifnya! Farmaku.Com. https://www.farmaku.com/artikel/da mpak-positif-dan- negatif-internet/
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media AudioVisual Dalam Pembelajaran Anak UsiaDini. Media.Neliti.Com.https://media.neliti.com/media/publications/240608-penggunaan-media- audio-visual-dalam-pemb- 0c928dc4.pdf
Khotimah, K., & Darwati, S. (2017). Aspek-aspek dalam Evaluasi Pembelajaran.
Eprints.Umsida.Ac.Id.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan MediaPembelajaran Untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa. Media.Neliti.Com.https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan- media- pembelajaran-untuk-me- b2104bd7.pdf
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah.
Jurnal.Umj.Ac.Id.https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Rosyana, T. (2021). Komponen Pembelajaran. Cls.Ikipsiliwangi.Ac.Id.
https://cls.ikipsiliwangi.ac.id/blog/ko mponen-pembelajaran
Sudiarta, I. G. P., & Sadra I. P. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalahdan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48–58.
Supryadi, P. . (2013). Penerapan Media Video Pembelajaran sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD. http://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JJPGSD/article/view/1492
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.