Model (PjBL) Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi FPB Dan KPK Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Maya Ayu Putri Suraji Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

FPB Dan KPK, Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Pembelajaran Abad 21 merupakan abad informasi dimana berkembangnya informasi secara cepat yang bersifat global. Model Pembelajaran (PjBL) Project Based Learning memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengetahuan dan mengembangkn keterampilan yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) sebagai cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sedati Gede 2. Hasil penelitian Melalui pembelajaran model (PjBL) Project Based Learning peserta didik memperoleh nilai rata-rata Pra siklus sebesar 44 termasuk kategori cukup, siklus I sebesar 57 termasuk kategori baik, dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat hingga 82,5 termasuk kategori sangat baik. Penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari hasil belajar FPB dan KPK diperoleh hasil melebihi (KKM) Kriteria Ketuntasan Minimal dan peserta didik dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika menggunakan papan musi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo

Ahmad Hidayat, M. (2021).Menulis narasi kreatif dengan model project based learning. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Daryanto.(2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava media.

DEWI, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ppkn Berbasis Discovery Learning Untuk Siswa Kelas Viii Semester 2 Di Smpn 12 Elar Kecamatan Elar Kabupaten Manggarai Timur Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Dr. Ahmad Susanto, M. (2016).Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Dr. Ajat Rukajat, M. (2018).Penelitian Tindakan Kelas. Jl. Kaliurang Km 9,3 Yogyakart: CV BUDI UTAMA.

Fitrah.(2017). Belajar dan pembelajaran.Jurnal kajian ilmu keislaman, 66-80.

Frasandy, R. S. (2018). keterampilan 4C abad 21 Jurnal tarbiyah al-awlad, 112-122.

Handhika, J. (2020). Pembelajaran sains di era akselerasi digtital. Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIK.

Hapusa, H. (2016). upaya peningkatan prestasi belajar matematika. jurnal kreatif tadulako online, 262-270.

Khairiyah, Ummu. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika.Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 198-199.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Suraji, M. A. P. (2022). Model (PjBL) Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi FPB Dan KPK Siswa Kelas IV Sekolah Dasar . SNHRP, 979–984. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/501