Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Disablitas Trenggalek

Authors

  • Ana Rafikayati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Lutfi Isni Badiah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Monika Jawa Liwun Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Maria Wigberta Tena Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rizky Amelia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yehezkiel Anugerah Kusuma Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Ekonomi, Pemberdayaan, Penyandang Disabilitas, UMKM Cathering

Abstract

Tujuan kegiatan ini untuk memperbaiki perekonomian pada UMKM Kedai Reny yaitu melalui pemberdayaan dan pendampingan dengan memberikan pelatihan yaitu pelatihan sosial media untuk mempromosikan Kedai Reny, pelatihan pembuatan sistem keuangan laba rugi dan pemasaran untuk memperbaiki sistem keuangan agar lebih terkontrol dan agar tahu cara memasarkan UMKM Kedai Reny yang baik, ada juga pelatihan tata boga agar tahu cara membuat hidangan makanan yang menarik pembeli dan enak dengan harga murah. Kegiatan  ini dilakukan dalam 4 (empat) tahap yaitu pertama melakukan survey lokasi, kedua melakukan musyawarah dengan kelompok, ketiga melakukan  pendampingan dan upgrading  implementasi dan  yang keempat melakukan monitoring dan evaluasi hasil. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pemberdayaan dan pendampingan ini yaitu UMKM Kedai Reny dapat mempromosikan di sosial media Instagram dan Facebook juga sudah di promosikan di instagram kota Trenggalek yaitu I Love Trenggalek dan Pesona Trenggalek, dapat membuat sistem keuangan  laba rugi secara berkala, dapat juga membuat menu baru yaitu  makanan aneka sosis dengan hidangan yang menarik, enak, dengan  harga murah  sehingga dapat menarik minat pembeli. Dengan demikian bisa terjadi perubahan yang lebih baik  untuk UMKM Kedai Reny, Kedai Reny akan lebih dikenal oleh masyarakat dan perkeonomiannya akan lebih meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, dkk. 2016. Pemberdayaan dan Pendampingan Komunitas Penyandang Disabilitas Dalam Mengakses Pendidikan Tinggi. Tersedia (online): ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia . Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Volume 16, Nomor 2. diakses pada tanggal 27 Desember 2021.

Huraerah, Abu. 2008. Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat, Model dan Srtategi Pengembangan Berbasis Kerakyatan. Bandung : Humaniora.

Safri, Hendra. 2018. Pengantar Ilmu Ekonomi. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo: Palopo. Tersedia (online) : https://core.ac.uk/download/pdf/198238861.pdf .diakses pada tanggal 27 Desember 2021.

Unkown. 2018. Pengertian, Jenis dan Hak Penyandang Disabilitas. https://spa-pabk.kemenpppa.go.id/index.php/perlindungan-khusus/anak-penyandang-disabilitas/723-penyandang-disabilitas . diakses pada tanggal 27 Desember 2021.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Rafikayati, A., Badiah, L. I., Liwun, M. J., Tena, M. W., Amelia, R., & Kusuma, Y. A. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Disablitas Trenggalek. SNHRP, 1485–1490. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/499