Pelatihan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Guru
Keywords:
Guru, laporan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstract
Guru yang profesional harus memiliki kualifikasi pendidikan profesi yang memadai dan kompetensi keilmuan sesuai dengan bidang yang ditekuni. Guru yang professional bukan hanya sekadar mampu mengajar di depan kelas. Guru yang professional harus mampu menulis karya ilmiah. Karya ilmiah tersebut berupa laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ketidakmampuan dalam menulis ditambah tidak linearnya kualifikasi guru membuat kompetensi guru menjadi masalah. Penyusunan laporan PTK menjadi acuan dalam kenaikan pangkat atau golongan yang diberlakukan pemerintah. Melalui kegiatan pelatihan Workshop Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru yang dilakukan selama 3 hari Sabtu, Minggu, dan Senin (08 sampai dengan 10 Januari 2022) secara daring melalui zoom meeting diharapkan mampu membantu peserta memahami PTK dan menyusun laporan PTK.
Downloads
References
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Jahidi, J. (2014). Kualifikasi Dan Kompetensi Guru. Administrasi Pendidikan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/adpen/article/view/189/181
N., Noermanzah, Emzir, E., & Lustyantie, N. (2017). Variety of Rhetorics in Political Speech President of the Republic of Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono and Joko Widodo in Educational Field. Humanus, 16(2), 221. doi:10.24036/humanus.v16i2.8103%0D
Nasution, M. K. M. (2016). Carut Marut Menulis Karya Ilmiah. Harian Waspada, May. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25320.57606
Paul Suparno. (2008). Riset Tindakan untuk Pendidikan. PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Prihatni, R., Sumiati, A., & Sariwulan, T. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru-Guru Yayasan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 112–123. https://doi.org/10.21009/jpmm.003.1.08
Riyanti, C. (2020). Gambaran Kebutuhan Aktualisasi Diri Penyandang Disabilitas Fisik Melalui Bekerja. Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 40–52.
Ulfa, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 175. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.44536
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.