Penerapan Perangkat Elektronik Untuk Menghemat Energi Listrik Di Desa Pademonegoro

Authors

  • Akbar Sujiwa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Atmiasri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Adi Winarno Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Winarno F. Bastari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Energi, Elektronik, Hemat

Abstract

Desa Pademonegoro di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo secara geografis terletak cukup jauh dari pusat kota Sidoarjo sehingga dalam pemahaman dan sosialisasi tentang cara menggunakan energi listrik dengan bijak dan hemat masih kurang. Persoalan yang dihadapi dari beberapa masyarakat Desa Pademonegoro adalah belum tahu bagaimana menggunakan sumber daya energi dengan hemat dalam menggunakan beberapa perangkat elektronik rumah tangga. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui persentase pengetahuan masyarakat tentang cara berhemat energi dalam skala rumah tangga. Metode pelaksanaannya adalah dengan sosialisasi dan pemberian contoh cara menggunakan perangkat hemat energi dalam menghemat energi listrik di rumah. Hasil dari sosialisasi ini dapat diketahui bahwa pengetahuan masyarakat dalam cara berhemat energi listrik mengalami kenaikan sebanyak 80 persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aripriharta, B. R. (2008). Analisis Besar Potensi Penghematan Energi pada kasus Kelistrikan Rumah Tangga yang Menerapkan Sistem Manajemen Energi Moden On-Deman. Jurnal Tekno, 9(1).

BPPT. (2018). Indonesia Energi Outlook 2018. Jakarta: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

BPS Kabupaten Sidoarjo. (2017). Kabupaten Sidoarjo Dalam Angka 2017. Sidoarjo: BPS Kabupaten Sidoarjo.

Mineral, K. E. dan S. (2017a). Capaian 2017 dan Outlook 2018 Subsektor Ketenagalistrikan dan EBTKE. Jakarta: Direktorat Jendral Ketenagalistrikan ESDM.

Mineral, K. E. dan S. (2017b). Statistik Ketenagalistrikan 2017. Direktorat Jendral Ketenagalistrikan ESDM.

Pradana, Y. A. (2013). Uji Kualitas Air Minum Isi Ulang di Kecamatan Sukodono, Sidoarjo Ditinjau dari Perilaku dan Pemeliharaan Alat. JURNAL TEKNIK POMITS, 2(02), D83–D86.

Wiyanto, D. B. (2018). APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN TAMBAK GARAM DI KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Ilmiah Rekayasa, 11(01), 1–10.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Sujiwa, A., Atmiasri, A., Winarno, A., & Bastari, W. F. (2022). Penerapan Perangkat Elektronik Untuk Menghemat Energi Listrik Di Desa Pademonegoro. SNHRP, 1491–1498. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/488