Analisis Sikap Kemandirian Belajar Siswa SD Selama Pembelajaran Daring

Authors

  • Ardina Eka Nawang Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

pembelajaran online, pembelajaran mandiri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan pemerintah yang mewajibkan seluruh kegiatan pembelajaran dialihkan ke pembelajaran online selama masa pandemi covid 19. Selama pembelajaran online siswa dituntut untuk mandiri dalam proses pelaksanaan pembelajaran baik dalam memahami materi maupun menyelesaikan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian siswa selama pembelajaran online. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data hasil observasi, data hasil wawancara, dan data dokumentasi. Sumber data adalah guru kelas II SD Islam Al Irsyad Wringinanom dan guru kelas II SD Islam Al Irsyad Wringinanom.  dan dokumentasi berupa foto kegiatan siswa. Hasil penelitian siswa masih memiliki tingkat kemandirian belajar yang rendah karena harus didampingi oleh orang tua karena siswa belum terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh dengan guru. Sehingga siswa masih tergantung pada orang dan siswa belum memiliki rasa tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M., & Asrori, M. 2016. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic early Childhood Education, 3(1), 44-58.

Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118

Astuti,E.P. 2016. Kemandirian belajar matematika siswa SMP di kecamatan Prembun. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 2(2), 65-75.

Firman, & Rahman, S.R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 2.

Rahmasari, A. F., Setiawan, F., & Faradilah, M. N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 158-168.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Sundayana, R. 2016. Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 75-84.

Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Sari, A. E. N. . (2022). Analisis Sikap Kemandirian Belajar Siswa SD Selama Pembelajaran Daring. SNHRP, 1380–1385. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/485