Pengaruh Multimedia Interaktif Powtoon Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia

Authors

  • Vivin Lestari Universitas Pgri Adi Buana Surabaya
  • Ida Sulistyowati Universitas Pgri Adi Buana Surabaya
  • Pana Pramulia Universitas Pgri Adi Buana Surabaya

Keywords:

powtoon multimedia interaktif, hasil belajar kognitif.

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan pretest dan posttest.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Sedatigede II Sidoarjo yang berjumlah 107 siswa.  Dengan sampel 35 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas V C sebagai kelas kontrol.  Multimedia interaktif yang digunakan guru menjadi tolak ukur dalam pembelajaran.  Powtoon merupakan video presentasi animasi interaktif berbasis web untuk membuat proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes.  Hasil analisis posttest pada pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test non paramaterial test.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan multimedia interaktif powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas V SDN Sedatigede II Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhian, T, I Ummah, S Anafiah, dan R Rachmadtullah. 2020. “Reading and Critical Thingking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Student in Elementary School.” International Journal of Instruction 13(2): 107–18.

Julinus, Nizwardi, dan Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran. Pertama. Jakarta: Kencana. https://books.google.co.id/books?id=VJtlDwAAQBAJ&hl=id.

Kusumastuti, Adhi, Ahmad Mustamil Khoiron, dan Taofan Ali Achmadi. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman: Deepublish.

Maulidah, Riswana, Rarasaning Satianingsih, dan Via Yustitia. 2021. “Implementasi Media Flash Card: Studi Eksperimental Untuk Keterampilan Berhitung Siswa.” Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an 8(1): 7–14.

Payadnya, Andre, dan Trisna Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Putri Nasution, Eline Yanty, dan Nur Fauziah Siregar. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi.” Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan 15(02): 205–21. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/466.

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran : Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Kencana.

Rusminati, Susi Hermin, dan Cholifah Tur Rosidah. 2018. “Korelasi Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Di Sdn Kebondalem Mojosari Dan Sdn Ketabang Surabaya.” Inventa 2(2): 97–103.

Rusyfian, Zurrahma. 2016. Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Bandung: Informatika Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatf, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Lestari, V. ., Sulistyowati, I. ., & Pramulia, P. (2022). Pengaruh Multimedia Interaktif Powtoon Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia. SNHRP, 1374–1379. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/484