Efektivitas Video Animasi Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Efektivitas, Video Animasi, Keterampilan MendongengAbstract
Video animasi cerita rakyat sebagai media digunakan dalam penelitian karena video ini dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam memahami cerita serta menarik minat dan perhatian siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penggunaan media video animasi terhadap keterampilan yang berkaitan dengan sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi-Experiment Design dengan menggunakan desain pretest-posttest control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Sedati Gede II Sidoarjo dengan sampel seluruh kelas III. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes keterampilan bercerita. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil independent sample test menunjukkan bahwa hasil penelitian t-hitung yang diperoleh adalah (8,336) sedangkan t-tabel yang diperoleh (0,000) menunjukkan bahwa terdapat keefektifan yang signifikan dalam penggunaan media video animasi pada cerita cerita siswa pemberitaan.
Downloads
References
Damayanti, Rini., & Yuanta, Friendha. 2018. “Media Animasi Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak”. Jurnal Autentik. 2(1): 1-8.
Fitria, Nur Aini. 2019. “Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A RA Muslimat Nu 26 Malang”. Jurnal Dewantara. Vol. 1 No. 1, pp. 7-13.
Huda, Mualimul. 2016 “Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Pembelajaran Konvensional”. Jurnal Penelitian. Vol. 10 No. 1. pp, 125-146.
Julius, Nizwardi, dan Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Rahman, Rahmawaty. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (Video Animasi) Terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Fiksi Kelas IV SDN 52 Welonge Kabupaten Soppeng. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Rofin, Eddy. 2021. POPULASI, SAMPEL, VARIABEL DALAM PENELITIAN KEDOKTERAN. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Managament.
Romlah., dan Istiarini, Ratna. 2017. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA AL Kahfi Tinggi Tangerang”. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No. 2, pp. 1-16.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, Rudi., and Cepi Riyana. 2009. MEDIA PEMBELAJARAN: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Wiryanti, Umi., and Badrun Kartowagiran. 2016. “Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 4 No. 2, pp. 232-245.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.
Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.
Rasmitadila, R., Reza, R., Achmad, S., Megan Asri, H., & Ernawulan, S. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,, 24(06), 8927-8936.
Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.