Tutorial Pembuatan Media Video Pembelajaran materi IPA
Keywords:
Media, Video PembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan media video pembelajaran sifat-sifat cahaya dan cermin pada siswa kelas IV SD. Untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran pada materi sifat-sifat cahaya dan cermin untuk kelas 4 SD. Dalam penelitian ini, tidak hanya tujuan saya yang dijelaskan, tetapi ada juga manfaat yang mendasari penelitian ini. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat khususnya bagi penulis dan pembaca baik secara teoritis maupun praktis.
Penelitian pengembangan media video pembelajaran ini telah melalui proses validasi. berdasarkan validasi yang telah diuji oleh para ahli, penelitian yang dikembangkan memiliki hasil yang cukup layak untuk digunakan pada saat pembelajaran dan telah dinyatakan valid oleh para ahli. Penelitian ini tentang pengembangan media video untuk pembelajaran materi IPA kelas 4 SD. Peneliti mengangkat media video pembelajaran untuk menyegarkan kembali suasana kelas yang sebelumnya membosankan menjadi lebih menyenangkan melalui media video pembelajaran.
Dalam pengembangan media video pembelajaran ini, peneliti menggunakan tahapan atau proses pengembangan 4D, yaitu Define (define), Design (desain), Develop (pengembangan), Disseminate (Deployment). Pengertian Tahap (Definition) Pengertian yang berkaitan dengan kebutuhan pengembangan merupakan tahap awal dalam model 4D. Pada tahap analisis kebutuhan, perlu dilakukan pengumpulan data informasi tentang media yang akan dikembangkan. Tahap terakhir adalah diseminasi, sehingga media yang telah dikembangkan akan didistribusikan kepada siswa dan guru
Downloads
References
bungalangan, y. t. (2020). penerapan metode diskusi terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar ips siswa
kelas VI SD negeri 1 hongoa kab upaten konawre.
Dhita Seftiana1), B. A. (2021). : Jurnal Pendidikan Dasar . ANALISIS
KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI , 51-52.
joko kuswanto, f. r. (2018). Media
Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI .
Kenwa, D. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PPkN melalui model belajar time token pda peserta didik kelas V SD.
tegeh, m. (2019). pengembangan media video pembelajaran dengan model pengembangan 4D pada mata pelajaran agama hindu.
Arsyad, a. (2016). In media pembelajaran (p. 4). 2016.
Arsyat. (2014). In m. pembelajarn.
Bungalangan, y. t. (2020). penerapan metode diskusi terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas VI SD negeri 1 hongoa kabupaten konawre.
Depdiknas. (2008). jakarta depdiknas. peraturan pemerintah RI no.19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan .
Dhita Seftiana1), B. A. (2021). : Jurnal Pendidikan Dasar . ANALISIS KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI ,51-52.
Dr, H. I. (2018). STRATEGI PEMBELAJARAN DI ABAD DIGITAL.
Dr.H.Mulyono, M. (2018). In STRATEGI PEMBELAJARAN DI ABAD DIGITAL.
Dr.Wakhudin, M. (2020). In q. h. covid-19.
Fernando, a. (2020).
Fidyan, e. (2020). Effect of Conceptual Knowledge of Student Science on Student .
Hariyati. (2020). Development of Online Science Learning Devices Cooperative Model .
Hartoyo. (2014). In m. d. pembelajarn.
Jamridafrizal, S. (2017). mempersiapkan mahasiswa calon guru di kelas generasi digital native dengan teknologi.
Joko kuswanto, f. r. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI .
Kenwa, D. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PPkN melalui model belajar time token pda peserta didik kelas V SD.
Kiki aristia, c. e. (2020). efektifitas
penggunaan media pembelajaran celengan gambar untuk meningkatkan hasil belajarr kelas VI SD.
Marlina, s. (2020). Development of Online Science Learning Devices Cooperative Model .
Nyimas sriwihajriyah, e. l. (2012). AP, Sistem Informasi, Perpustakaan Digital. SISTEM PEMBELAJARAN DENGAN E-LEARNING, 450-467.
Nyoto suseno, r. r. (2021). PF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro. MODEL PEMBELAJARAN PERPADUAN SISTEM DARING DAN , 43.
Passalowongi, N. (2020). meningkatkan hasil belajar tema lingkungan tempat tinggalku melalui model pembelajaran picture and picture siswa kela IV SD negeri 18 coppengcoppeng baru. studi guru dan pembelajaran.
Pentury1, H. J. (2021). Jurnal Surya Masyarakat. Peningkatan
Kemampuan Pedagogik Guru dalam Pembelajaran , 111-113.
Pentury1, H. J. (2021). Jurnal Surya Masyarakat p-ISSN: 2623-0364.
Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru dalam Pembelajaran , Hal. 109114.
Seftiana, d. (2021). analisis kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon dan game interaktif menggunakan website oodlu.
Surya. (2017). In JENIS-JENIS
PEMBELAJARAN.
Syeriduni, e. (2020). upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa melalui penerapan metode diskusi dengan pendekatan contekstual teaching and learning di kelas VI.
Taoto, y. (2020). penerapan metode diskusi terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kaela VI SD.
Tegeh, m. (2019). pengembangan media video pembelajaran dengan model pengembangan 4D pada mata pelajaran agama hindu.
Trianto. (2010) Triara Noerhandayani*, S. R. (2020). Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education. Penggunaan POE-inqury melalui blended learning terhadap hasil belajar siswa pada , 44-46.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.
Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.
Rasmitadila, R., Reza, R., Achmad, S., Megan Asri, H., & Ernawulan, S. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,, 24(06), 8927-8936.
Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.