Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Video Youtube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Dewi Candra Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

model pembelajaran PBL, video youtube, kemamapuan berpikir kritis

Abstract

Model pembelajaran PBL model pembelajaran yang memberikan siswa permasalahan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis sekolah dasar dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan video youtube. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian desian penelitian Quasi Eksperimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design dengan posttest only. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya dengan sampel kelas V.   teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrumen yang telah dibuat, kemudian data yang diperoleh dianalisi secara deskriptif. Hasil penelitian dalam menerapkan model PBL berbantuan video youtube terhadap kemampuan berpikir kritis setelah diterapkan mendapatkan nilai skor presentasi sebesar 92,14 persen yang menujukkan arti “sangat baik”, menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan youtube dapat berpengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39.

Farisi, A., Hamid, A., & Fisika, P. (2017). | 283 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. 283–287.

Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46.

Khotimah, D. K. dan sulthoni. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 158–165.

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93.

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024.

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP The Influence of PBL Model Assisted by Question Card toward Mathematic Critical Thinking in JHS. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 46.

Simamora, S. A., Cahyani, I., & Kurniawan, K. (2014). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur melalui Penerapan Model Cipro (Citizen Prosedur) Berbantuan Video Youtube. 265–271.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatf, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model Pbl Menggunakan Alat Peraga

Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula, 3(1), 11–22.

Tifanie, E., Pasida, A. S., & Wenas, M. B. (2013). Perancangan Media Ajar Interaktif “Sistem Peredaran Darah” untuk Siswa kelas 5 SD menggunakan Animasi Frame 2D (p. 2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.

Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.

Rasmitadila, R., Reza, R., Achmad, S., Megan Asri, H., & Ernawulan, S. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,, 24(06), 8927-8936.

Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Wulan, D. C. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Video Youtube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. SNHRP, 1337–1343. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/479