Peningkatan Sikap Kedisiplinan Di Era 4.0 Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa

Authors

  • Jasmine Eka Paramita Universitas Pgri Adi Buana Surabaya

Keywords:

Sikap kedisiplinan, kegiatan positif yang ada disekolah

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya sikap disiplin siswa. Tujua dari artikel ini adalah untuk membuat sikap disiplin siswa agar lebih meningkat dengan adanya kegiatan-kegiatan yang positif yang ada di sekolah, karena untuk masalah sikap kedisiplinan banyak orang yang menyepelekannya. Dengan adanya kegiatan-kegiatan positif yang ada di sekolah diharapkan sikap disiplin siswa dapat menerapkan sikap disiplin tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari, dan dengan adanya kegiatan positif yang ada disekolah siswa dapat menyibukkan dirinya dan dapat terhindar dari kegiatan negatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskripsi. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Tes dan observasi. Pemberian tes yang dimaksud adalah posttest yang dilaksanakan setelah penerapan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal.dkk.Penelitian Tindakan Kelas.Bandung:CV Yrama Widya.

Davies, R. (2015). Industry 4.0 Digitalisation for productivity and growth

Drath, R., & Horch, A. (2014). Industrie 4.0: Hit or hype?[industry forum]. IEEE industrial electronics magazine, 8(2), pp. 56-58.

Eko Putro Widoyoko, Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004), hlm. 38-39

Eko Putro Widoyoko, Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah, hlm.39-40

Eko Putro Widoyoko, Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah,

Elizabeth Hurlock. 1987. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Heng, S. (2014). Industry 4.0: Upgrading of Germany's Industrial Capabilities on the Horizon

Kagermann, H., Lukas, W.D., & Wahlster, W. (2011). Industrie 4.0: Mit dem Internet der Dinge auf dem Weg zur 4. industriellen Revolution.

M. Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan berdasarkan Kurikulum Nasional, (Jakarta : Pedoman Ilmu Raya, 2010), hlm. 83

Nawawi. 1985. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2014), hlm.141

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, hlm.142

Santrock J.W. 2003. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Sutarjo Adi Susilo, Pembelajaran Nilai Karakter, (Jakarta : Rajawali Pers, 2014) hlm.68

TUU Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Undang-undang Republik IndonesiaNomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:CV Eko Jaya

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Paramita, J. E. (2022). Peningkatan Sikap Kedisiplinan Di Era 4.0 Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 1331–1336. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/478