Keefektifan Media Puzzle Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SD
Keywords:
Media Puzzle, Keterampilan Menulis NarasiAbstract
Pentingnya keterampilan menulis narasi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Di Indonesia masih rendah minat siswa dalam keterampilan menulis narasi. Hal ini disebabkan pembelajaran yang monoton dengan penggunaan media yang kurang bervariasi. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian Kuantitatif jenis Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV. Sampel penelitian ini menggunakan siswa kelas IV-A sebagai kelas control dan kelas IV-B sebagai kelas experimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability Sampling dengan bentuk Sampling Total. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada efektifitas media puzzle terhadap keterampilan menulis narasi.
Downloads
References
Aljalita, L. O. R. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table pada siswa kelas X-1 SMAN Kulisusu Barat. Jurnal Humanika, 3(15), 1–14. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/7490/5173%0A%0A
Semi, M.A (2007). Dasar-dasar Kemampuan Menulis, Bandung : Angkasa.
Susilana, R. ; C. R. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,dan Penilaian. CV Wacana Prima.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dalman.(2016). Keterampilan menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kusumaningsih, Dewi, dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.
Patmonodewo.2015.http://www.academia.edu/9717051/Pengertian_Mediapuzzlepintar _Menurut_Patmonodewo_Misbach. di akses pada tanggal 08/10/2016.
Zulela. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.