Efektivitas Strategi Pembelajaran Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Mir’atus Sholihah Universitas PGRI AdiBuana Surabaya

Keywords:

Model Pembelajaran, Self Regulated learning, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas model pembelajaran self regulated learning terhadap kemampuan literasi pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Rendahnya kemampuan literasi siswa pada proses pembelajaran juga terdapa dari beberapa faktor salah satunya model pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektifan model pembelajaran self regulated learning terhadap kemampuan literasi pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design tipe Post-test. Populasinya adalah 20 siswa masing-masing kelas III-A (kelas eksperimen) dan III-B (kelas Kontrol). Penelitian ini temasuk eksprimen dengan diperolah data penlitian meggunakan metode tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Kuantitatif dengan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil kemampuan literasi siswaa kelas eksperiman dengan kelas control. Hal ini menunjukkan adanya kefektifan strategi pembelajaran self regulated learning terhadap kemampuan literasi pada siswa kelas III Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, S. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penilitan Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: : PT Rineka Cipta. .

Candiasa. (2010). Statistik Univariat Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Jakarta: PT Bumi Aksara. .

kebudayaan, K. p. (2017). literasi pendukung sains. Rawamangun, Jakarta Timur: TIM GLN Kemendikbud.

Meiliana, L. &. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self Regulated Learning Pada Siswa SMPN 1 Margaasih. Journal on Education, 1, 644–652. .

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian . Jakrta: Rineka Cipta. .

Nurdyansyah, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. . Sidoarjo:: Nizamia Learning Center. .

OECD. ((2018). ). PISA Results (Volume IV): Students’ Financial Literacy. OECD Publishing. .

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. . Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wulandari, E. &. (2018). Menyambut PISA 2018: Pengembangan Literasi Matematika untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. . Jurnal Pendidikan Matematika 1(1), , 31–38. .

Zimmerman, B. J. (1996). elf regulated learning and academic. Journal of Educational Psychology, , 3-17.

Zimmerman, B. J. (2008). Investigating SelfRegulation and Motivation. Historical Background, Methodological Developments, and Future Prospects. American Educational Research Journal, 45.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Sholihah, M. . (2022). Efektivitas Strategi Pembelajaran Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. SNHRP, 1313–1318. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/475