Efektivitas Penggunaan Media Video Organ Peredaran Darah Manusia Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V

Authors

  • Rafika Safa Putri Universitas Pgri Adi Buana Surabaya

Keywords:

media video, hasil belajar

Abstract

Media video merupakan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media video terhadap hasil belajar IPA pada organ peredaran darah manusia kelas V. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan bentuk sampling jenuh, sampel yang digunakan terdiri dari 26 siswa kelas A sebagai kelas kontrol dan 24 siswa kelas B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis yang terdiri dari 10 pilihan ganda untuk meningkatkan kognitif siswa. Uji statistik yang digunakan adalah uji t. Hasil Berdasarkan uji independent sample t test dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 menunjukkan bahwa hasil penelitian t-hitung diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu (0,000) < (0,05). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa media video alat peredaran darah manusia pada hasil belajar IPA efektif digunakan untuk siswa kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori, M. (2014). Metodologi dan aplikasi riset pendidikan. PT. Bumi Aksara

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks

Sukiman. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.

Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.

Rasmitadila, R., Reza, R., Achmad, S., Megan Asri, H., & Ernawulan, S. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,, 24(06), 8927-8936.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Putri , R. S. . (2022). Efektivitas Penggunaan Media Video Organ Peredaran Darah Manusia Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V. SNHRP, 1308–1312. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/474