Efektivitas Multimedia Berbasis Flash Materi Perjuangan Para Pahlawan Terhadap Kemampuan Kognitif Sekolah Dasar
Keywords:
Multimedia, Flash, Kemampuan Kognitif, Tema 5 PahlawankuAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil kemampuan kognitif siswa pada siswa sekolah dasar kelas 4. Rendahnya hasil kemampuan kognitif siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru serta media pembelajaran yang digunakan masih terbatas yaitu menggunakan buku siswa dan siswa hanya diminta untuk mengerjakan tugas yang ada di dalam buku siswa tersebut sehingga pembelajaran tidak menarik dan cenderung membosankan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh multimedia berbasis flash materi perjuangan para pahlawan terhadap kemampuan kognitif pada tema 5. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dalam bentuk nonequivalent pre-test-postest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SD. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efektivitas multimedia berbasis flash materi perjuangan para pahlawan terhadap kemampuan kognitif siswa kelas 4 SD. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata hasil kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Downloads
References
Dhiu, Dkk. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Fikri, H., & Madona, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.
Sari, F. (2015). Pengaruh Multimedia Interaktif B_SEM Flash Terhadap Kemampuan Kognitif dan Motivasi Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI IPA di SMAN 3 Kota Serang. Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Suherman. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Bagi ABK. Jawa Barat: Bumi Aksara.
Susanti. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Murid Kelas III SDN 128 Bontokunyi Kabupaten Sinjai. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Oka, G. (2017). Media Dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.
Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.
Rasmitadila, R., Reza, R., Achmad, S., Megan Asri, H., & Ernawulan, S. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,, 24(06), 8927-8936.
Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.