Kesulitan Peserta Didik Menentukan Ide Pokok Paragraf Materi Teks Narasi

Authors

  • Juwita Dewi Astuti Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

Menentukan ide pokok, Teks narasi

Abstract

Kesulitan siswa menentukan ide pokok paragraf dalam teks naratif, ada beberapa faktor yaitu kurangnya minat baca siswa, tidak memahami isi paragraf, kurang memahami makna ide pokok, kurang kosakata, perlu waktu untuk membaca dan memahami teks naratif, terbatasnya waktu dalam memahami teks karena bahasanya sulit dipahami. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Soal tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda berjumlah 10 soal, sedangkan untuk wawancara ada 5 soal.

Hasil tes dari 36 siswa yang mengerjakan soal tes dan dianalisis oleh peneliti, terdapat 10 siswa yang kesulitan menentukan ide pokok paragraf yang terlihat dari jawaban 10 siswa tersebut masih banyak terdapat kesalahan dalam menjawab soal. pertanyaan yang diberikan oleh peneliti, dan hasil wawancara dengan 2 siswa ada beberapa faktor yang dialami siswa dalam menentukan ide pokok sebuah paragraf dalam sebuah teks naratif, mereka belum menguasai materi ide pokok sebuah paragraf, kurangnya minat membaca, kurang aktif selama pembelajaran sehingga tidak memahami materi gagasan utama, sulit berkonsentrasi selama pembelajaran, tidak memahami tata letak paragraf gagasan utama dalam setiap teks bacaan, beberapa siswa memahami apa yang dimaksud dengan gagasan utama paragraf tetapi mengalami kesulitan dalam menentukan gagasan utama paragraf.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118.

Dalman. 2013 Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Henry Guntur Tarigan, 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Percetakan Angkasa.

Keraf,. 2007. Arguentasi dan Narasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.

Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nur Irwansyah, Mukhtar. 2013 Buku Mata Kuliah Membaca, Tangerang: Pustaka Mandiri.

Rahim. 2005. Pengajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rasmitadila, R., Reza, R., Achmad, S., Megan Asri, H., & Ernawulan, S. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,, 24(06), 8927-8936.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Astuti, J. D. . (2022). Kesulitan Peserta Didik Menentukan Ide Pokok Paragraf Materi Teks Narasi. SNHRP, 1285–1291. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/469