Hubungan Minat Baca Dengan Keterampilan Bercerita Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kemasantani
Keywords:
minat membaca, keterampilan bercerita, penelitian kuantitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara minat membaca dengan keterampilan bercerita pada siswa kelas V SDN Kemasantani. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa besar minat membaca siswa kelas V di Sd Negeri Kemasantani, bagaimana keterampilan bercerita siswa kelas V di Sekolah Sd Negeri Kemasantani dan adakah hubungan antara minat membaca dengan keterampilan bercerita pada siswa kelas V di Sd Negeri Kemasantani Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain penelitian yang dipilih adalah analisis deskriptif korelasional. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes unjuk kerja. Populasi pada penelitian ini sebanyak 31 siswa, sampel yang di gunakan dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa dari setiap kelas V di Sd Negeri Kemasantani yang artinya seluruh siswa dalam satu kelas V tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa minat membaca siswa kelas V di Sd Negeri Kemasantani termasuk dalam kategori sedang atau cukup kuat. Sedangkan untuk variabel keterampilan bercerita termasuk dalam kategori baik. Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa 𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,651 < 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 0, 355 sehingga dapat disimpulkan bahwa antara variabel minat membaca dengan variabel keterampilan bercerita memiliki hubungan atau korelasi berada pada tingkat hubungan yang kuat. Maka Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi ada hubungan antara minat baca dengan keterampilan bercerita kelas V SD Negeri Kemasantani.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman, H. (2014 :145). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Harjanto. (2011 : 6). Merangsang & Melejitkan Minat Baca Anak Anda. Yogyakarta: Manika Books.
Khaerudin. (2012). Belajar dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: CV Bangkit Citra Persada.
Sudarsana, B. (2010 : 427). Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.