Hubungan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Membaca Pantun Pada Siswa Kelas V SD
Keywords:
efikasi diri, hasil belajarAbstract
Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah yaitu adakah hubungan efikasi diri terhadap hasil belajar membaca pantun pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diketahui bahwa efikasi diri berhubungan terhadap hasil belajar membaca pantun dengan koefisien determinan R² sekitar 76,8persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi dengan hasil belajar membaca pantun siswa kelas V. Hal ini ditunjukkan dengan nilai regresi 0,000<0,05 yang menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan.
Downloads
References
Alang, A. H., Ibrahim, A., Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metode Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.
Haris, R., Wardani, D. K., & Nugroho, J. A. (2016). Pengaruh Efikasi Diri dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Online Pendidikan Ekonomi.
Hsieh, P., Sullivan, J. R., & Guerra, N. S. (2007). A closer look at collage students. Journal of Advanced Academic, 18(3).
Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Melalui Pantun di Sekolah. Jurnal Basicedu, Volume 5 Nomor 5.
Lasmita, S., Agus, R., & Lili, A. W. (2018). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhdap Hasil belajar Ekonomi SIswa XI IPS SMA Se-Kota Bandung. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vo.4. No.1.
Mahaningtyas, E. (2016). Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, Volume 4, No 1.
Nurhasanah, S., & A. Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1.
Purwanti, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Dengan Menggunakan Model Berpikir Berbicara Menulis ( Think Talk Write ) Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. . Jurnal Diksatrasia, 1(2).
Puspidalia, Y. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD dan Laternatif Pemecahannya. Cendekia, Vo. 10, No. 1.
Rezeki, N., Syahrial, S., & Surya, F. Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Kooperatif Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3).
Rizkiana, A. (2017). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES STKIP PGRI Bangkalan. Equilibrium, Vo.5, No.2.
Syafitri, R., & Zulfikarni. (2019). Kontribusi Ketereampilan Menyimak Pantun Terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vo.8 No.3.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).
Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.
Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.
Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.
Rasmitadila, R., Reza, R., Achmad, S., Megan Asri, H., & Ernawulan, S. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,, 24(06), 8927-8936.
Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.