Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pengenalan Organ Tubuh Manusia
Keywords:
organ tubuh, audio visualAbstract
Pembelajaran merupakan suatu proses komunikasi antara pengajar, pembelajar dan bahan ajar. Tanpa adanya komunikasi sarana penyampaian pesan atau media tidak akan berjalan. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkrit dan mempermudah siswa dalam proses pembelajaran. Organ tubuh pada dasarnya merupakan gabungan dari berbagai jaringan yang menghasilkan satu fungsi atau lebih. Media audio visual merupakan salah satu sarana alternatif dalam melakukan proses pembelajaran berbasis teknologi. Audio visual pembelajaran bebasis teknologi dapat digunakan sebagai sarana alternatif dalam mengoptimalkan proses pembelajaran.Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitan deskriptif kualitatif. Karena ditujukan untuk mengambarkan, menyajikan data keadaan sebenarnya yang terjadi dilokasi penelitian mengenai penerapan media audio visual dalam pembelajaran pengenalan organ tubuh manusia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian penerapan media audio visual dalam pembelajaran pengenalan organ tubuh manusia dapat digunakan sebagai sarana altrnatif dalam mengoptimalkan proses pembelajaran
Downloads
References
Haryoko. (2009). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. 2.
Istamar Syamsuri, D. (2015). ESPS Biologi. Jakata: Erlangga.
Moleong, & J, L. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: remaja rsdakarya.
Susilo, I. T., Jatmiko, & Yuliana, I. (2013). Aplikasi pembelajaran Orang Tubuh Manusia Untuk Siswa SD Berbasis Android. 15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.