Pengaruh Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Bahasa Indonesia
Keywords:
Media Pembelajaran Edmodo, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada anak sekolah dasar kelas V. Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia ini dipengaruhi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru dan kurang tepatnya pemilihan pendekatan, media dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental Design tipe Posttest only control group design. Populasi adalah siswa kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan teknik analisis data uji-T. Sampel penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelas control dan kelas V B sebagai kelas eksperimen yang dipilih melalui cluster random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran edmodo terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Jupon, M.R. dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Model Direct Learning Pada Siswa Kelas V. Jurnal Taman Cendekia, 4(2).
Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara.
Sutopo, H. A. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.