Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa SD Berdasarkan Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint

Authors

  • Alfian Ihza Maulana

Keywords:

hasil belajar, ipa, multimedia

Abstract

Pentingnya penggunaan multimedia dalam pembelajaran mempengaruhi proses pembentukan minat dan perhatian siswa selama pembelajaran. terciptanya pembelajaran yang aktif dan menyenangkan memberikan kontribusi terhadap pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Hal ini tentunya menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya adalah hasil belajar siswa. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan multimedia interaktif dan di kelas yang tidak menggunakan multimedia interaktif. aspek hasil belajar yang diukur adalah aspek kognitif pada taraf C1 (mengingat), C2 (memahami) dan C3 (menerapkan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-experimental design non equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa dari pretest ke posttest. pada kelas yang menggunakan multimedia interaktif rata-rata skor hasil belajar meningkat sebesar 57,54 persen dan pada kelas yang tidak menggunakan multimedia interaktif rata-rata skor hasil belajar meningkat sebesar 14,59 persen. dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa berbasis multimedia interaktif berbasis powerpoint terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hartati, T. (2015). Multimedia dalam Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat. Jurnal Akrab: Aksara agar Berdaya, 6, (2),

– 52.

Indrawan, R. & Poppy Y. (2014). METODOLOGI PENELITIAN:

Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Gani, A. (2018). Multimedia use and learning styles on learning achievement in social studies. International Journal of Social Sciences and Humanities, 2, (2),

- 193. doi:

https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n2. 16

Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10, (1), 1 – 136.

Kamil, P. M. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia dengan Menggunakan Media Power Point dan Media Torso. Bioedusiana : Jurnal Pendidikan Biologi, 3, (2), 64 –68

Mujahidin, F. (2017). Strategi Mengelola Pembelajaran Bermutu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir. (2012). MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nusir, S. dkk. (2012). Studying The Impact Of Using Multimedia Interactive Programs At Children Ability To Learn Basic Math Skills. Acta Didactica Napotencia, 2, (5),

– 32.

Sanisah, S. (2013). Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS Jenjang SMP di Kota Mataram. Jurnal Education Community, 1, (7), 33 – 39.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Maulana, A. I. . (2022). Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa SD Berdasarkan Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 1228–1236. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/458