Perilaku Toleransi di SD

Authors

  • Shinta Fauziyah Al Fajrin Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

       Penelitian ini menunjukkan perilaku toleransi siswa di sekolah dasar, penelitian ini memperoleh hasil bahwa perilaku toleransi siswa di sekolah dasar mendapat angka yang diambil dari angket sebesar 86,1persen. Dengan memberikan pembiasaan kegiatan toleran antar siswa dengan membuka diskusi bersama tentang materi yang diajarkan, guru memimpin sebagai moderator untuk memandu diskusi antar kelompok yang telah dibuat dalam satu kelas, guru juga menyampaikan aturan-aturan dalam diskusi yang harus dilakukan. dipatuhi, termasuk mengangkat tangan terlebih dahulu. sebelum memberikan pendapat dan mendengarkan terlebih dahulu teman yang menyampaikan pendapat. Dengan ini, siswa mendapatkan pembelajaran untuk saling menghargai pendapat di kelas ketika teman antar kelompok menyampaikan pendapat. Penelitian tentang perilaku toleransi di sekolah dasar ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket, dengan fokus pada bagaimana guru memberikan pembiasaan perilaku toleransi dalam pembelajaran IPS. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh data secara lisan dari guru kelas mengenal perilaku toleransi di SD, sedangkan teknik angket digunakan untuk mengukur seberapa kuat siswa berperilaku toleran di SD dengan mengajukan 15 pertanyaan tentang toleransi antar teman, guru dan masyarakat luas. lingkungan. Hasil angket yang diambil merupakan jawaban dari 5 siswa yang dianggap dapat mewakili jawaban seluruh siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajat, R. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Aproach). Jl. Kaliurang Km 9,3 – Yogyakarta: Grup Penerbit CV BUDI UTAM . (Buku)

Birgita, E, dkk. 2021. “Penanaman Nilai-Nilai Toleransi dan Pluralisme dalam Diri Para Siswa di SMK ST. Bonaventura Madiun melalui Proses Belajar Mengajar di Sekolah”. STKIP Widya Yuwana. Vol. 2.No 1 Oktober 2021. Pp 35

Muhammad, F. 2017. “Pliralisme dan Multikulturalisme”. Al-Ibrah. Vol. 2.No 2 Desember 2017. pp. 107

Muhammad, R., Yoga, D., Muhammad, H. “Menjaga Toleransi Melalui Pendidikan Multikulturalisme”. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. Vol. 18.No 1 Januari-Juni 2021. Pp 50

Murniati, A. 2019. Pendidikan Multikultural. Jl. Jend. Sudirman Kav. 51. Jakarta, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. (Buku)

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers' perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10(1289), 1289.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., & Aliyyah, R. R. (2021). Perceptions of Student Teachers on Collaborative Relationships Between University and Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10).

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Teguh, P., Reza, R., Achmad, S., & Rusi Rusmiati, A. (2021). General Teachers’ Experience of The Brain’s Natural Learning SystemsBased Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 14(3), 95-116.

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2021). Teacher Perceptions of University Mentoring Programs Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2).

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Teachers' Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and e-Learning Research, 8(3), 333-339.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.

Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.

Rasmitadila, R., Reza, R., Achmad, S., Megan Asri, H., & Ernawulan, S. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,, 24(06), 8927-8936.

Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Al Fajrin, S. F. . (2022). Perilaku Toleransi di SD. SNHRP, 1220–1227. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/457